Serang (Antaranews Banten) - Sebanyak 50 orang karyawan Indah Kiat Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Serang turut meramaikan kirab obor Asian Games 2018 yang diselenggarakan di wilayah Provinsi Banten, di Serang, Kamis.
      
Rangkaian kirab obor yang diselenggarakan dimulai dari Pelabuhan Merak, kemudian berlanjut di kota Cilegon, dan berakhir di Kota Serang sebelum besok harinya (Jumat 10/8) dilanjutkan menuju Provinsi Jawa Barat.
      
Sebelumnya, APP Sinar Mas juga menurunkan personel Regu Pemadam Kebakaran (RPK) dalam mengawal pawai obor Asian Games 2018 di Palembang pada 4 Agustus 2018 lalu. APP Sinarmas melibatkan 50 personel RPK di kegiatan kirab obor untuk menjukkan kesiapannya dalam mendukung dan mensukseskan Asian Games tanpa kebakaran hutan dan bencana asap.
      
"Ini adalah kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia, menjadi tuan rumah event olahraga terbesar kedua di dunia. APP Sinar Mas sebagai perusahaan yang lahir dan berkembang di Indonesia tentunya turut bangga Indonesia kembali terpilih menjadi tuan rumah Asian Games setelah 62 tahun yang lalu," kata Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata saat mengikuti pawai obor Asian Games 2018 di Kota Serang.
      
Menurutnya, apabila Asian Games 2018 sukses, nama Indonesia akan semakin harum di kancah internasional dan semangat kebangsaan masyarakat pun akan meningkat.
       
''Kesuksesan ini akan menjadi kebangaan kita semua, oleh karena itu, APP Sinar Mas berkomitmen dan berkontribusi untuk mendukung Pemerintah Indonesia menjalankan perannya sebagai tuan rumah," kata Suhendra.
       
Menurutnya, APP Sinar Mas selain sebagai Official Partner Asian Games 2018 juga turut mendukung Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan Asian Games No Fire No Haze, lebih dari Rp50 Miliar diinvestasikan diluar investasi tahunan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjelang dan selama Asian Games.
      
Ribuan warga Kota Serang antusias menyambut kedatangan api obor Asian Games 2018 di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, Kamis (9/10).
       
Kedatangan obor Asian Games 2018 di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang disambut dan diterima Walikota Serang, Sulhi Choir dan Gubernur Banten Wahidin Halim. Sebelumnya obor Asian Games 2018 dibawa dari  objek wisata Tasikardi Kabupaten Serang dan sebelum tiba stadion Maulana Yusuf Kota Serang, obor tersebut dibawa Ketua BPK RI Moermahadi dan diserahkan kepada Sulchi Choir.
      
Ribuan warga yang memadati Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, tampak antuisas dan saling berdesakan untuk menyaksikan kedatangan obor Asian games di lokasi tersebut yang tiba sekitar pukul 17.00 WIB. Selanjutnya obor Asian Games akan dibawa ke museum Banten sekitar pukul 17.15 WIB dan diterima Gubernur Banten Wahidin Halim.
      
''Nanti obor Asian Games dari sini akan dibawa Kapolres Serang Kota dan diserahkan kepada atlet Agung Herkules dan diterima Gubernur Banten di Museum Banten," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Deden Apriandhi.
      
Obor Asian Games akan diarak menuju Museum Banten diiringi peserta 'Torch Relay' yang terdiri dari anak pramuka, drum band dan tim pawai lainnya yang akan melintasi jalan utama Kota Serang dari Stadon Maulana Yusuf menuju Museum Banten.  
      
Obor Asian Games 2018 yang singgah di tanah para jawara diarak di tiga daerah yakni Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kota Serang. Selama di Banten, obor akan disambut dengan berbagai kesenian dan kebudayaan khas Banten dan akan diinapkan di Museum Banten sebelum dilanjutkan ke Jawa Barat..
      
Tim kirab obor Asian Games 2018 tiba di Pelabuhan Merak pada Kamis (9/8) pagi setelah berkelana di Pulau Sumatera. KMP Batu Mandi yang membawa rombongan sandar di Dermaga 2 Pelabuhan Merak disambut oleh Plt Wali Kota Cilegon Edi Aryadi yang menerima penyerahan obor Asian Games tersebut. Selanjutnya obor tersebut dibawa menuju landmark dan akan dilanjutkan menuju rumah dinas Walikota Cilegon melalui jalan protokol Kota Baja tersebut. Setelah singgah di Kota Cilegon, obor dibawa menuju perbatasan antara Kota Cilegon dan Kabupaten Serang dan tiba di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang sekitar pukul 17.00 WIB. 

Baca juga: Asian Games - Kirab Obor Promosikan Pariwisata Banten

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018