Serang (Antaranews Banten) - Gubernur Banten menginginkan pendidikan di Provinsi Banten lebih baik lagi, salah satu upayanya dengan membangun infrastrtuktur seperti ruang kelas baru dan sekolah baru untuk jenjang SMA/SMK serta program pendidikan gratis.
      .
"Berikan kesempatan saya selama 5 tahun, akan saya ubah Banten menjadi lebih baik dan lebih maju lagi," kata Gubernur Banten Wahidin Halim saat membuka  Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2018 Tingkat Provinsi Banten di Serang, Rabu.
      
Dalam sambutannya, Gubernur Banten menyatakan komitmennya terhadap pendidikan dengan dibangunnya ruang kelas baru (RKB) untuk tingkat SMA dan sederajat dan memfasilitasi lulusannya yang ingin segera langsung bekerja. Serta percepatan pembangunan infrastruktur yang terus digenjot agar sesuai target yang diharapkan dan pendidikan menjadi program prioritas di masa pemerintahannya.
      
''Kita juga sedang concern terhadap revitalisasi Banten Lama dalam rangka  menjadikan Banten lama sebagai  ikon pusat budaya Provinsi Banten," kata Wahidin Halim.
       
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Banten juga mengingatkan kepada para pelajar untuk mewaspadai bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). Karena, dalam jangka pendek dan panjang, narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan dan keamaanan fisik dan lebih jauh bisa merusak mental para pelajar.
       
Kegiatan bertajuk Parade Cinta Tanah Air (PCTA) sebagai upaya untuk membangkitkan rasa Cinta Tanah Air dan Kesadaran Bela Negara dikalangan generasi muda serta wadah bagi siswa/siswi SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi untuk menunjukan kreatifitas dan prestasi yang dimiliki.
        
PCTA yang di gelar Kementrian Pertahanan yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Banten tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ini, diperuntukan bagi pelajar setingkat SMA, SMK/MA dan Perguruan Tinggi se-Provinsi Banten. Adapun materi yang dilombakan antara lain keterampilan dan diskusi. Selain kegiatan lomba, para peserta juga berkesempatan mengikuti kegiatan ceramah pengetahuan bela negara
       
Untuk meningkatkan pelayanan bidang pendidikan,  tahun 2018 Pemerintah Provinsi Banten akan membangun sebanyak 2.016 ruang kelas baru SMA/SMK dalam upaya meningkatkan pelayanan akses pendidikan bagi masyarakat Banten. Program lain yang akan dijalankan Pemprov Banten di tahun 2018 nanti, untuk meningkatkan akses pelayanan pendikan berkualitas, terdapat 12 program.
       
Selain pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) untuk SMA dan SMK sebanyak 2.016 ruang kelas dan Unit Sekolah Baru (USB) sebanyak 168 unit. Pemprov Banten juga berupaya meningkatkan kompetensi guru yakni dengan bantuan kompetensi guru pendidikan S1, untuk guru SMA dan SMK. Sebanyak 343 untuk guru SMA dan 820 untuk guru SMK.  
       
Selain itu, Pemerintah Provinsi Banten juga menargetkan 1.000 perpustakaan, pemberian beasiswa bagi 1000 siswa kebutuhan khusus baik tingkat SD hingga SMA. Penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik untuk BOS SMK dan SMA. 

Baca juga: Pemprov Banten Bangun 2.016 Ruang Kelas Baru
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018