Pemerintah Kota Tangerang, Banten memberikan apresiasi kepada para pemuda yang tergabung dalam koalisi aktivis lingkungan hidup Tangerang (Kalung) yang menggelar upacara bendera di tengah Sungai Cisadane pada momentum Hari Sumpah Pemuda ke-96.

"Saya berharap kepada anak-anak muda untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang positif, menghindarkan diri dari aksi tawuran, ya aksi-aksi yang kurang baik harus dihindari karena identitas kita akan ditentukan oleh bagaimana kita bersikap," kata Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin, usai upacara bendera, Senin.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh generasi muda di Kota Tangerang untuk lebih kreatif dan inovatif demi terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda dan apel kebangsaan di Kali Cisadane ini saya berharap semangat warga Kota Tangerang untuk menjaga lingkungan terutama Kali Cisadane bisa semakin tumbuh. Dan kita bisa berkolaborasi untuk menjaga kelestarian lingkungan di Cisadane yang menjadi salah satu aset dan kebanggaan warga Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: Pemuda disebut berperan penting dalam pembangunan daerah

Founder Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Ade Yunus mengungkapkan, kegiatan memperingati Sumpah Pemuda sudah dilaksanakan sejak 5 Oktober 2024.

Selama dua pekan banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan sebagai langkah melestarikan lingkungan seperti penanaman pohon sebanyak 10.000 batang, pembersihan Sungai Cisadane dan penebaran benih ikan sebanyak 10 ton.

“Hari ini merupakan puncak pelaksanaan dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda. Apelnya dilaksanakan di tengah Sungai Cisadane dengan tujuan untuk mengingatkan kita semua untuk bersama-sama berkontribusi menjaga sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Baca juga: PLN Banten gelar PLN Mengajar, jelang HLN dan Sumpah Pemuda

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman menambahkan, dalam memeriahkan hari Sumpah Pemuda Pemerintah Kota Tangerang menggelar Muda-Mudi Fest 2024 yang digelar 24-28 Oktober 2024 di Alun-Alun Ahmad Yani.

"Pemuda diharapkan dapat memiliki jiwa yang berintegritas tinggi, pejuang tangguh, dan memiliki jiwa kuat untuk menghadapi berbagai perubahan ilmu dan teknologi yang begitu pesat. Oleh karena itu, Pemkot Tangerang terus membuka akses yang luas kepada seluruh pemuda untuk bersama-sama membangun kota ini," kata dia.

Herman menambahkan, Muda-Mudi Fest yang bertema "Power of Civil Community" tersebut merupakan salah satu upaya dan sarana sekaligus wadah bagi para generasi muda Kota Tangerang untuk menampilkan kreativitas, inovasi, dan semangat kolaborasi.

"Tema ini sangat relevan, mengingat pentingnya kekuatan komunitas dalam membangun masyarakat yang inklusif, dinamis, dan berdaya saing tinggi, di tengah perkembangan global saat ini. Melalui kebersamaan dan kolaborasi yang kuat, Insya Allah kita bisa menghadapi tantangan apapun, dan menjadikan Kota Tangerang menjadi kota yang semakin tangguh dan progresif," ujar Herman.

Baca juga: Pemprov Banten gelar "Banten Investment Forum 2024" dorong pertumbuhan investasi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024