Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, mengemukakan bahwa kepemudaan memiliki peran penting dalam membantu pemerintah menyukseskan penyelenggaraan pembangunan daerah.

Hal tersebut, disampaikan Pejabat Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Senin, 28 Oktober 2024.

"Agenda pembangunan dan pengembangan kepemudaan merupakan bagian penting dalam pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek pembangunan maupun sebagai objek pembangunan," katanya.

Ia mengatakan bahwa pembangunan dan pengembangan kepemudaan juga merupakan bagian penting dalam pembangunan Indonesia,

Menurutnya, ini menjadi selaras dengan tema yang diangkat dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda yakni 'Maju Bersama Indonesia Raya'. Tema ini menyampaikan pesan kepada kita semua, untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera.

"Upaya ini dilakukan dalam bentuk upaya pemajuan secara bersama, simultan, sinkron, dan terkoordinasikan dengan sebaik-baiknya pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah," ungkapnya.

Baca juga: Cawabup Intan Hikmah janji tuntaskan masalah kendaraan tambang di Tangerang

Ia menyebutkan pesatnya perkembangan saat ini selain merupakan potensi tetapi juga merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama, seluruh elemen bangsa.

Pemuda Indonesia masih membutuhkan layanan pemberdayaan untuk membangun potensi yang masih terpendam hingga potensi tersebut menjadi kekuatan dalam kepemimpinan, kepeloporan dan kewirausahaan.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua elemen masyarakat agar dapat bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia.

"Marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi masing-masing. Marilah kita perbaiki tata-kelola pelayanan kepemudaan, dan dukungan sumber daya hingga kondisi kepemudaan Indonesia menjadi lebih baik yang tercermin dengan kenaikan Indeks Pembangunan Pemuda," kata dia.

Baca juga: Warga tuntut penutupan pabrik pengelola limbah B3 di Tangerang

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024