Serang (Antaranews Banten) - Kloter pertama jamaah calon haji asal Provinsi Banten akan diberangkatkan ke tanah suci pada 17 juli 2018 dan rencananya akan dilepas Guubernur Banten Wahidin Halim.
    
''Insyaallah jemaah haji kloter pertama Banten akan dilepas oleh gubernur pada tanggal 17 Juli di Kota Tangerang," kata Kepala Kanwil Kemenag Provinsi  Banten H Bazari Syam di Serang, Rabu.
     
Ia mengatakan, sejumlah persiapan akhir terkait pelayanan dan keberangkatan jamaah calon haji asal Provinsi Banten diantaranya finishing penyelenggaraan bimbingan manasik haji di masing-masing kabupaten/kota di Banten. Kemudian 'upgrading' dan sinergitas petugas haji Kloter, TPHI, TPIHI, TKHI, TPHD/TKHD dan Kepala regu serta kepala rombongan.
     
Selain itu, kata Bazari, penyelesaian dokumen keberangkatan dan penyelesaian visa jemaah haji, penerbitan SPMA dan persiapan rencana pemberangkatan dan pelepasan jemaah haji dari masing-maisng daerah asal
     
''Jumlah keseluruhan calon haji Provinsi Banten Tahun 2018 sebanyak 9430 orang termasuk para petugas," katanya.
      
Demi kelancaran dan keselamatan para calon haji, pihaknya mengimbau agar meluruskanniat dari masing-masing calon haji bahwa keberangkatan ke tanah suci semata-mata hanya untuk ibadah. Kemudian agar bisa menjaga kesehatan dengan membudayakan hidup sehat, mengingat amaliyah haji 70 persen memerlukan badan yang sehat dan fisik yang kuat.
     
''Intinya semua jamaah calon haji harus patuh dan taat terhadap aturan," kata Bazari Syam. 

Baca juga: Kemenag Tangsel Berangkatkan 985 Calon Haji Akhir Juli

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018