Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke-79 dan Sumpah Pemuda Tahun 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melaksanakan program PLN Mengajar serentak di berbagai wilayah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten.

Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Unit Pelaksana (UP) yang berada di Wilayah Kerja PLN UID Banten. Khusus di Kota Tangerang kegiatan ini dihadiri langsung oleh General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin yang akrab disapa Andy Acha serta disambut hangat oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Tangerang, Drs. Asril, MM., dan sekitar 180 siswa kelas X (Sepuluh) yang antusias mengikuti acara tersebut.

Program ini bertujuan memberikan edukasi kepada generasi muda seputar PLN, tentang alur proses ketenagalistrikan, tips aman kelistrikan, membangun kesadaran tentang pentingnya energi ramah lingkungan yang berkelanjutan, hingga motivasi serta inspirasi. Semarak jalannya kegiatan terbukti manakala terjalin interaksi aktif dua arah antara Andy Acha yang bertindak juga sebagai pengajar dan para siswa.

Baca juga: PLN Banten gandeng Icon Plus kerja sama perumahan dengan AP2ERSI Banten

General Manager PLN UID Banten, Andy Acha yang bersemangat berbagi ilmu terkait kelistrikan dan hal seputar PLN merasa sangat bahagia bisa berbagi dengan para siswa. Tak sesekali bahkan Andy Acha merasa kagum dengan "feedback" yang diberikan para siswa padanya melalui pertanyaan yang detail dan komprehensif terkait PLN.

“Saya sangat senang sekali bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada generasi muda, terutama dalam bidang kelistrikan yang sangat penting karena listrik merupakan kebutuhan primer untuk keberlangsungan kehidupan sehari-hari. Acaranya sangat seru dan interaktif,” kata Andy Acha.

Andy Acha menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan minat dan kepedulian terhadap sektor ketenagalistrikan di kalangan pelajar. Selain memberikan materi, Andy Acha juga berbagi kisah inspiratif mengenai tantangan dan pengalamannya selama bekerja di PLN, serta peran penting PLN dalam melistriki nusantara.

“Mendidik generasi muda adalah investasi jangka panjang bagi kemajuan bangsa. Melalui program ini, kami berharap dapat menginspirasi dan memotivasi kepada para siswa untuk terus belajar dan berinovasi,” tambah Andy Acha.

Baca juga: Hari Listrik Nasional ke-79, mengenal pasukan elit PLN UID Banten

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Tangerang, Drs. Asril, MM., mengungkapkan apresiasinya terhadap program PLN Mengajar yang diselenggarakan oleh PLN UID Banten di SMAN 1 Kota Tangerang. Kegiatan ini memberikan wawasan yang berharga bagi para siswa mengenai kelistrikan dan peran penting PLN dalam kehidupan sehari-hari.

“Kehadiran langsung praktisi dari PLN sangat menginspirasi para siswa untuk terus belajar. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan sehingga dapat menjadi motivasi lebih bagi generasi muda untuk memberikan kontribusi nyata dalam membangun bangsa,” ujar Drs. Asril, MM.

Yohanes (15) salah seorang siswa yang mengikuti kegiatan PLN Mengajar dari awal hingga akhir secara antusias, mengaku kagum dengan PLN. Ia baru paham bahwa banyak sekali proses perjuangan tak kenal lelah para pegawai PLN dalam menghadirkan listrik hingga sampai ke rumah-rumah masyarakat.

Kegiatan PLN Mengajar ini menjadi bukti nyata PLN dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan, serta mendorong generasi muda untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan kemajuan sektor ketenagalistrikan.

Baca juga: Desa Berdaya Binaan PLN Banten juarai lomba se-Kabupaten Tangerang

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024