Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak melakukan penebangan pohon di sejumlah jalan protokol di Rangkasbitung guna mencegah terjadinya pohon tumbang yang disebabkan angin kencang pada pergantian musim dari kemarau ke penghujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama di Rangkasbitung, Jumat, mengatakan biasanya, saat menghadapi musim pancaroba sering ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

"Pohon tumbang bisa mengakibatkan bencana bagi pejalan kaki dan pengendara bermotor di jalan sehingga perlu diantisipasi dengan penebang pohon yang sudah tua atau rapuh serta pemangkas pohon yang terlalu rimbun," katanya.

Baca juga: Pemotor kritis akibat tertimpa pohon tumbang di Tangsel

Ia menjelaskan, penebangan dan pemangkasan pohon yang kebanyakan jenis trembesi itu dilakukan sejak Senin (21/10) sampai hari Jumat ini.

Petugas BPBD dan relawan melakukan penebangan pohon trembesi itu dengan cukup hati-hati karena banyak batang pohon sudah keropos dimakan usia.

Penebangan pohon berjalan lancar dengan menggunakan gergaji mesin dan tambang untuk mengarahkan posisi jatuhnya batang pohon.

Penebangan pohon juga dilakukan instansi lain yaitu Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, dan PLN.

"Kami bersama instansi lainnya melakukan penebangan pohon guna mencegah pohon tumbang yang membahayakan warga," katanya.

Baca juga: Sesdilu Kemenlu RI pelajari potensi dan mitigasi bencana di Banten

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024