Trigol Raphinha mewarnai kemenangan besar 4-1 Barcelona atas tamunya Bayern Muenchen, pada pertandingan Liga Champions di Estadio Olimpico Luis Companys, Barcelona, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Kemenangan kedua Barcelona di Liga Champions musim ini tersebut membuat mereka menghuni posisi ke-10 dengan enam poin. Sedangkan bagi Bayern, hasil itu membuat mereka tertahan di posisi ke-23 dengan tiga poin.

Pelatih Barcelona Hansi Flick memberi kesempatan tampil sebagai pemain inti kepada gelandang Fermin Lopez untuk pertama kalinya pada musim ini. Sedangkan pelatih Bayern Vincent Kompany memilih memainkan Serge Gnabry untuk mengisi posisi Jamal Musiala, yang dibangku cadangkan.

Baca juga: Sempat tertinggal, Real Madrid bungkam Borussia Dortmund 5-2

Pertandingan baru berusia semenit saat Barca membuka keunggulan. Lopez menjadi pengumpan untuk diselesaikan Raphinha yang sempat menggiring bola, mengecoh kiper Manuel Neuer, dan melesakkan bola ke gawang Bayern. 1-0 untuk keunggulan tim Katalan.

Tidak lama kemudian Harry Kane memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan, tetapi bola gagal dikuasainya dengan sempurna dan kiper Inaki Pena bergerak cepat keluar dari gawangnya untuk menggagalkan peluang milik Kane.

Kane kemudian memiliki peluang lain berkat sundulan yang berbuah gol, tetapi gol itu tidak disahkan karena offside.

Bayern terus berusaha menyamakan kedudukan, dan pada menit ke-18, mereka mampu menyamakan kedudukan. Bola umpan silang Gnabry dapat disambar oleh Kane dengan penyelesaian akrobatik untuk membobol gawang tuan rumah.

Barcelona kemudian menemukan kembali ketenangannya dan mulai mengancam. Mantan pemain Bayern Robert Lewandowski melepaskan sepakan melebar, dan Lamine Yamal meluncur untuk menyambar bola tetapi bola malah bergerak meninggalkan lapangan.

Baca juga: Virgil van Dijk klaim lagi bahas kontrak baru dengan Liverpool

Barca merestorasi keunggulannya pada menit ke-36. Diawali bola kiriman Lopez, peluang yang ada lantas berhasil dimaksimalkan Lewandowski menjadi gol kedua Barcelona.

Raphinha mengukir gol keduanya pada menit ke-45. Ia melesak masuk ke kotak penalti setelah menerima bola kiriman Marc Casado di sisi kiri, dan menyepak bola melalui sela-sela kaki Dayot Upamecano yang kemudian gagal dihalau kiper Neuer. Barca pun unggul 3-1 saat menutup babak pertama.

Raphinha melengkapi trigolnya pada menit ke-56. Ia mengontrol bola operan Lamine Yamal dengan dadanya sambil berlari, sebelum melepaskan sepakan akurat ke sudut kanan gawang Bayern dari tepi kotak penalti. 4-1 untuk keunggulan Barca.

Pelatih Bayern Kompany bereaksi dengan melakukan sejumlah pergantian pemain, termasuk memasukkan nama-nama besar seperti Musiala, Kingsley Coman, Leroy Sane, dan Leon Goretzka. Meski demikian sampai peluit akhir berbunyi, Bayern tidak mampu menipiskan ketertinggalan dari tuan rumah Barca.

Baca juga: Persebaya Surabaya hanya bermain imbang 1-1 lawan PSM Makassar

Daftar susunan pemain:

Barcelona: Inaki Pena, Jules Kounde, Pau Cubarsi, Inigo Martinez, Alejandro Balde, Pedri, Marc Casado, Lamine Yamal, Raphinha, Ansu Fati, Robert Lewandowski

Pelatih: Hansi Flick

Bayern Muenchen: Manuel Neuer, R Guerreiro, Dayot Upamecano, Kim Min-jae, A Davies, Joshua Kimmich, Joao Palhinha, Michael Olise, Thomas Mueller, Serge Gnabry, Harry Kane

Pelatih: Vincent Kompany

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024