Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang siap bergerak cepat dalam mewujudkan visi misi program kerja Presiden baru Prabowo Subianto, di antaranya makan bergizi gratis yang hingga kini masih dijalankan Dinas Pendidikan.

"Kota Tangerang siap bergerak cepat dalam mewujudkan visi pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo," kata Pj Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin di Tangerang Senin.

Kota Tangerang sedang melaksanakan pembiasaan makan bergizi gratis sejak 12 Agustus hingga November 2024 sebagai lanjutan dari suksesnya uji coba pada 1 dan 5-9 Agustus 2024. Targetnya adalah 65 SD Negeri dan 34 SMP Negeri dengan total sasaran 77.422 siswa.

Baca juga: Disdik Tangerang instruksikan sekolah edukasi siswa agar suka menu MBG

Ia juga menuturkan dengan terbentuknya susunan kabinet, diharapkan arah kebijakan nasional dapat memberikan dorongan baru bagi pembangunan daerah, termasuk di Kota Tangerang.

"Semoga kepemimpinan mereka membawa kemajuan yang signifikan, terutama dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Kota Tangerang,” katanya.

Kota Tangerang, merupakan salah satu daerah dengan kemandirian fiskal yakni lebih dari 50 persen anggaran daerah berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca juga: Pembiasaan MBG di Kota Tangerang ubah perilaku hidup sehat siswa

Namun, Pj Wali Kota Tangerang tetap berharap dukungan dari pemerintah pusat, terutama terkait Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Kami berharap pemerintah pusat dapat menyempurnakan kebijakan pembagian DAU, sehingga Kota Tangerang dengan jumlah penduduk hampir 2 juta jiwa, bisa mendapatkan alokasi yang lebih baik. Kemudian melalui DAK, kami berharap Kota Tangerang mendapatkan dana yang spesifik untuk mendukung program strategis seperti pembangunan jembatan, penyediaan air minum, peningkatan pendidikan, dan kesehatan," kata dia.

Nurdin juga mengungkapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin atas kontribusi mereka selama 10 tahun memimpin.

"Terima kasih atas pengabdian dan dedikasi Bapak Jokowi dan Bapak Ma’ruf yang telah membawa Indonesia melalui berbagai pencapaian positif. Kontribusi mereka sangat berarti bagi kemajuan bangsa," kata dia.

Baca juga: Makan bergizi gratis bangun akhlak anak lalui program kelas makan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024