Kabupaten Tangerang (Antaranews Banten) - Alfamart memberikan pelatihan kepada ibu rumah tangga dari tiga wilayah di Kabupaten Tangerang (Taman Kirana, Pasir Bolang, dan Kedondong) memanfaatkan limbah kain menjadi produk yang memiliki nilai tambah.

"Pelatihan kewirausahaan semacam ini akan berlangsung rutin beberapa bulan sekali di setiap cabang yang memiliki toko Alfamart," kata Branch Manager Alfamart Balaraja, Yosef Risdianto di Kabupaen Tangerang, Jumat.

Yosef mengatakan, kegiatan ini bertujuan  untuk memberdayakan warga agar menjadi mandiri secara keuangan.. Dengan deikian selaras dengan pilar CSR Alfamart SME’s (Small Medium Enterprises) atau UKM,” ujarnya.

Yosef menuturkan, perusahaan tak hanya peduli terhadap UKM yang sudah jadi atau sudah memiliki omzet, tapi juga peduli terhadap warga yang berniat menjadi UKM pemula.

Peserta yang terlibat sebanyak 30 ibu rumah tangga yang sebelumnya  pernah mengikuti pelatihanl pengolahan limbah pabrik menjadi bantal hias, kembali diberikan keterampilan dengan tingkatan yang lebih sulit dari sebelumnya.

“Ibu-ibu yang sebelumnya pernah mengikuti pelatihan tingkat dasar dari berbagai wilayah ini, saat ini kembali diberikan keterampilan dengan tingkat lebih sulit atau level advance (menengah),” ujar Qory Khuriyah, selaku fasilitator pelatihan pemberdayaan masyarakat dari Bank Sampah Taman Kirana, di sela-sela acara yang dihelat di Kantor Alfamart Cabang Balaraja.

Dia menjelaskan, peserta pelatihan kali ini sebagian besar berminat untuk serius membuka usaha dari hasil keterampilan yang diperolehnya tersebut. 

“Tujuan pelatihan saat ini adalah meningkatkan kemampuan peserta sehingga dapat menciptakan berbagai kreasi bantal hias yang lebih menarik. Jika produknya menarik tentu mudah dipasarkan,” ucapnya menambahkan.

Kepedulian terhadap UKM yang sudah dilakukan perusahaan selama ini antara lain dengan melibatkan mereka bergabung membuka usaha di halaman toko hingga melibatkan mereka untuk menyuplai barang dagangan di toko.

“Kami juga secara berkala memberi pelatihan manajemen ritel modern terhadap para pedagang kelontong di sekitar toko yang tergabung dalam member Kartu Ponta. Khusus member dari kalangan pedagang ini, mereka mendapatkan harga khusus ketika berbelanja di Alfamart. Kalau mau beli, tinggal order dan bisa langsung kirim tanpa dikenakan biaya tambahan,” katanya.
Peserta program pemberdayaan masyarakat Alfamart berfoto bersama usai pelatihan (Antara Foto/ Arsip)

Baca juga: Alfamart Dan Nestle Buka Bersama Yatim Dan Dhuafa
 

Pewarta: Ganet Dirgantara

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018