Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan terima kasih hingga meminta maaf kepada jajaran kabinet dalam acara jamuan makan siang bersama di Istana Negara, Jakarta, Jumat.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan, atas support, atas kerja keras untuk negara ini," kata Jokowi dalam pidatonya sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Jokowi menyampaikan Kabinet Indonesia Maju telah melalui bersama-sama sejumlah tantangan yang didiskusikan, diperdebatkan dan diramaikan di dalam rapat-rapat kabinet, rapat terbatas, dan rapat internal.

Ia berharap kerja yang sudah dilakukan dalam 10 tahun ini bermanfaat bagi rakyat, negara dan bangsa.

Presiden Jokowi kemudian menyampaikan selamat bekerja kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan kabinet barunya.

Baca juga: Jelang purnatugas, Presiden makan siang bersama dengan jajaran kabinet

Presiden turut mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh jajarannya jika selama masa interaksi dan kerja sama ada hal-hal yang kurang berkenan.

"Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo. Kalau ada yang pas ke Yogya 30 menit nanti lewat tol, bisa silakan kalau ada yang ingin ke Solo. Kalau pakai jalan tol ada yang ke Surabaya lewatnya pasti harus lewat Solo, silakan juga kalau ingin mampir ke rumah. Sekali lagi mohon maaf," ucap Jokowi.

Acara itu dihadiri Wapres Ma'ruf Amin, Presiden Terpilih Prabowo Subianto, sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para wakil menteri, para anggota Dewan Pertimbangan Presiden, dan sejumlah kepala badan.

Suasana jamuan makan siang penuh kehangatan dengan dialog yang santai dan canda tawa mewarnai pertemuan tersebut.

Acara dimulai dengan sambutan dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang memberikan pengantar dengan penuh hormat.

Baca juga: Presiden Jokowi ternyata belum berani gendong Bebingah Sang Tansahayu

Selanjutnya, makan siang pun dimulai. Hidangan prasmanan disediakan dengan beragam menu khas tanah air, mulai dari soto bangkong, asinan, nasi liwet, kambing guling, pempek, hingga mie ayam.

Para menteri dan tamu undangan bebas mengambil makanan di stan yang telah disiapkan, menciptakan suasana yang akrab dan santai.

Di meja utama, Presiden Jokowi duduk bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, serta Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Momen kehangatan semakin terasa ketika di tengah acara, Presiden Jokowi berpindah meja untuk menghampiri para menteri.

Ia berbincang hangat dengan beberapa menteri, menjalin komunikasi yang akrab dan penuh canda tawa.

Para menteri pun tampak menikmati momen ini. Mereka santai sambil mengobrol, sesekali tertawa bersama rekan-rekan kabinet.

Jamuan makan siang ini bukan sekadar pertemuan formal, tetapi menjadi momen keakraban dan perpisahan hangat antara Presiden Joko Widodo dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf juga sempat berfoto bersama dengan jajarannya dalam suasana santai.

Baca juga: Puan surati Presiden Jokowi terkait persetujuan Herindra jadi Kepala BIN

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024