Pengamat properti Darmadi Darmawangsa mengatakan teknologi digital telah menjadi alat bantu melengkapi kemampuan personal agen properti dalam pemasaran produk menjangkau lebih luas dan batas wilayah

"Teknologi digital ini hanya sebatas alat bantu dalam pemasaran. Yang terpenting adalah kemampuan personal agen properti. Tentunya konsumen ingin mendapatkan penjelasan yang sejelas-jelasnya terkait properti yang diinginkannya," kata Darmadi Darmawangsa di Tangerang, Banten, Kamis.

Ia menjelaskan peran agen properti adalah menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Sebab aktivitas seperti menjelaskan dan membandingkan produk dan lainnya membutuhkan peran agen properti yang profesional.

"Hal ini tak bisa tergantikan karena menjual properti itu kompleks, agen properti itu harus bisa menjaga ego konsumen dan penjual karena keduanya memiliki kepentingan yang harus dijaga oleh agen properti,” kata dia.

Sedangkan teknologi digital, lanjutnya, sebagai marketing tools yang diandalkan karena jangkauannya tidak terbatas, tembus waktu dan ruang.

"Namun tujuannya untuk memudahkan orang mencari produk properti secara online, namun peran agen properti tetap dibutuhkan," kata dia.

Baca juga: Paramount Land hadirkan produk terbaru di pameran properti 2024

Ia mengaku pernah memanfaatkan teknologi dalam pemasaran dengan membuat video 360 derajat terkait unit apartemen yang sedang dipasarkan. Hasilnya dengan video tersebut konsumen berminat dan membelinya.

Sementara itu Alvin Andronicus Chief Marketing Officer (CMO) EleVee Condominium menegaskan peran agen properti dalam pemasaran properti itu penting karena perkembangan yang ada cepat dan berubah-ubah dan harus direspon agar tidak ketinggalan.

“Makanya, tak bisa lagi pemasaran dilakukan seadanya hanya mengandalkan database. Di EleVee kita menyiapkan marketing tools bermacam-macam, salah satunya dalam bentuk video. Kita rutin mendistribusikan video terkait EleVee Condominium kepada agen properti,” terangnya.

Menurut Alvin, saat ini pemasaran secara digital adalah sebuah keharusan dengan syarat apa yang disampaikan ujungnya memberikan kemudahan.

"Namun yang harus terus ditingkatkan oleh setiap agen properti harus memiliki profesionalitas dan kompetensi karena ini akan melahirkan kepercayaan, dari pembeli dan penjual," kata dia.

Baca juga: Sektor properti sumbang capaian investasi terbesar di Kota Tangerang
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024