Calon Bupati Serang Andika Hazrumy menyebut kuota lowongan pekerjaan pada industri di Kabupaten Serang  akan diprioritaskan untuk warga ber-KTP Kabupaten Serang atau warga lokal Kabupaten Serang. 

Andika  meyakini hal itu dapat mengatasi persoalan banyaknya  warga Kabupaten Serang yang kesulitan mengakses pekerjaan pada industri yang meski industri itu berada di Kabupaten Serang sendiri.

“Nanti Insya Allah saya dan Pak Nanang (Calon Wakil  Bupati Serang Nanang Supriatna) terpilih (di Pilkada Kabupaten Serang 2024), warga ber-KTP Kabupaten Serang akan diprioritaskan pada lowongan-lowongan pekerjaan yang ada di industri-industri di  Kabupaten Serang,” kata Andika dalam pertemuan dengan warga di Desa Sentul, Kecamatan Cikande, di Serang, Rabu.

Diungkapkan Andika hal itu bukan hanya janji semata, melainkan sudah secara resmi tercantum dalam penjabaran visi-misi pencalonan dirinya dan Nanang yang dilampirkan ke KPU Kabupaten Serang saat mendaftar sebagai pasangan calon. 

Baca juga: Ada dugaan politik uang, Bawaslu Serang panggil Nanang Supriatna

Berkaitan dengan persoalan ketenagakerjaan ini, Andika melanjutkan, misi pencalonan dia dan Nanang adalah akan mewujudkan Kabupaten Serang yang berkualitas, unggul, dan berdaya saing untuk kemandirian ekonomi masyarakat.

“Nah, hal itu akan dilakukan dengan upaya optimalisasi penyerapan tenaga kerja, dan  penanggulangan kemiskinan,” katanya.

Mantan Wakil Gubernur Banten ini mengaku sudah mengetahui sejumlah persoalan yang banyak dikeluhkan warga Kabupaten Serang terkait  dengan sulitnya mendapatkan pekerjaan di industri setempat. Andika menyebut praktek percaloan  adalah salah satu di antaranya.

Baca juga: HUT Ke-498 Serang, Andika Hazrumy: selangkah lagi menuju daerah maju

Dikatakan Andika, jika  kelak terpilih sebagai Bupati Serang akan langsung melakukan pendekatan resmi sebagai pemerintah daerah kepada industri-industri yang ada di Kabupaten Serang, agar mereka memprioritaskan kuota lowongan pekerjaan  kepada warga ber-KTP Kabupaten Serang. 

“Pendekatan regulasi dan pendekatan lainnya seperti kesepakatan bersama akan kita lakukan kepada industri terkait dengan permintaan kuota (lowongan kerja) untuk warga lokal ini,” kata Andika.

Untuk diketahui pasangan Andika-Nanang ini telah secara resmi terdaftar sebagai pasangan calon pada Pilkada Kabupaten Serang 2024 dengan nomor urut 1. Keduanya diusung oleh 6 partai yaitu Golkar, PDI Perjuangan, PKB, Demokrat, PPP dan PKN. 

Baca juga: Andika targetkan pariwisata Serang jadi tujuan nasional dan mancanegara

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024