Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) memperoleh predikat kampus unggul dari BAN-PT usai dilakukan akreditasi lapangan oleh lembaga tersebut beberapa waktu lalu.

“Bersyukur Alhamdulillah, terima kasih atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas seluruh civitas Untirta yang telah berhasil membuktikan bahwa Untirta Jawara adalah Untirta Unggul," kata Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T di Serang, Rabu.

Fatah mengatakan, raihan prestasi ini tentunya membawa kabar gembira bagi warga Banten dan Indonesia pada umumnya serta memberikan spirit berlebih bagi Untirta untuk menuju kampus berkelas dunia.

"Lanjutkan perjuangan ini untuk terus kita pertahankan dan ditingkatkan di masa depan Untirta menjadi universitas berkelas dunia,” kata Fatah.

Baca juga: Akademisi dorong penyelenggara dan penegak hukum netral di Pilkada

Sebelumnya, BAN-PT melakukan reakreditasi kampus Untirta dengan menghadirkan lima asesor BAN-PT yaitu Prof. Dr. Andi Sularso, S.E., M.S., (Ketua Tim Asesor), Prof. Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom., Prof. Dr. Paulus Israwan Setyoko, M.S, Ir. Muhammad Iqbal Djawad, M.Sc., Ph.D dan Dr. Muhammad Rohmadi, S.S M.Hum pada Sabtu (21/9).

"Untirta dengan membanggakan mendapatkan predikat sebagai kampus Unggul dari BAN-PT," katanya menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, asesor melakukan akreditasi lapangan guna mencocokkan borang yang sudah dikirimkan oleh pihak kampus melalui LPMPP Untirta menyangkut segala prasyarat kampus unggul seperti sumber daya manusia, fasilitas SDM, kualitas lulusan, soal penelitian dan pengabdian serta hal-hal yang menyangkut dengan pelayanan kampus kepada masyarakat.

Baca juga: Mahasiswa Untirta sosialisasi pencegahan stunting di Lebak

Berdasarkan akreditasi lapangan tersebut, asesor menilai Untirta layak diunggulkan karena borang yang dikirimkan sesuai dengan kondisi di lapangan dan informasi yang didapatkan oleh asesor juga valid karena pada sesi wawancara melibatkan langsung dosen, staf, mahasiswa, pengguna dan alumni Untirta.

Fatah mengatakan, raihan akreditasi Unggul ini menjadi lompatan tinggi kampus yang punya nilai Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, dan Akuntabel atau disingkat JAWARA dan bervisi ‘Healthy, Integrated Smart and Green in.

"Ini memberikan peluang besar bagi Untirta untuk mewujudkan kampus berbadan hukum dan berkelas dunia," pungkas dia.

Baca juga: Harapan untuk 100 anggota DPRD Banten periode 2024-2029

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024