Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa Polri akan selalu menjalin sinergitas dengan TNI dalam setiap tugas.

Hal itu ia sampaikan dalam unggahan di media sosial resminya untuk memperingati HUT Ke-79 TNI yang jatuh pada Sabtu ini.

“Waktu terus berjalan. Kami selalu berdampingan, beriringan. Saling mendukung, saling melengkapi. Kami adalah saudara yang lahir dari rahim ibu pertiwi,” kata Kapolri.

Ia menekankan TNI dan Polri selalu berkomitmen memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan, kedua institusi tersebut menyatakan akan selalu siap menjaga kedaulatan NKRI.

“Selalu siap menjaga kedaulatan NKRI. Di atas langit nusantara, di dalam birunya samudera, maupun setiap tanah yang terhampar di negeri ini,” ujarnya.

Baca juga: HUT TNI, 100 ribu prajurit dilibatkan pada puncak acara di Monas

Ia meyakini TNI dan Polri merupakan garda terkuat untuk memajukan Indonesia.

Pada akhir unggahannya, ia menyampaikan ucapan HUT Ke-79 kepada TNI.

“Saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Ke-79 Tentara Nasional Indonesia. TNI modern bersama rakyat, siap mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia Maju. TNI prima. Salam presisi!” ucapnya.

Pada Sabtu ini diperingati HUT Ke-79 TNI. Tema yang diangkat dalam peringatan HUT TNI tahun ini adalah TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju.

Markas Besar TNI menggelar puncak peringatan HUT Ke-79 TNI secara terpusat di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, yang melibatkan total 100.000 prajurit dari tiga matra.

Dalam kesempatan itu, Kapolri turut hadir langsung untuk mengikuti rangkaian puncak peringatan HUT TNI.

Rangkaian puncak peringatan itu diawali dengan upacara HUT Ke-79 TNI yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara, sementara yang bertindak selaku komandan upacara ialah Mayjen TNI Djon Afriandi yang sehari-hari berdinas sebagai Komandan Jenderal Kopassus.

Kemudian, dalam rangkaian upacara, Presiden Joko Widodo menyematkan tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma Pratama kepada sejumlah perwira TNI yang diwakili oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, dan Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Marsekal Muda TNI Deni Hasoloan S.

Setelahnya, berbagai demonstrasi dari satuan gabungan TNI seperti free fall, pasukan berkuda, dan atraksi pesawat tempur tampil memukau para penonton.

Acara diakhiri dengan penampilan musik dari berbagai artis ternama, termasuk Ari Lasso, Dewa 19 dan Slank, serta prosesi pemotongan tumpeng yang melibatkan Presiden dan tokoh masyarakat.

Baca juga: HUT Ke-79 TNI, Panglima dan jajarannya ziarah ke TMP Kalibata
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024