Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan kesejahteraan rakyat menjadi kata kunci dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Provinsi Banten.
 
Al Muktabar dalam rapat paripurna istimewa di DPRD Provinsi Banten, Kota Serang, menyampaikan dengan situasi global, nasional dan regional saat ini yang sangat dinamis, maka masih banyak hal yang harus dikuatkan dalam rangka mewujudkan cita-cita pendirian Provinsi Banten.
 
"Kesejahteraan rakyat menjadi kata kuncinya. Ini menjadi peta jalan kita untuk mewujudkan mimpi besar para pendiri Provinsi Banten," katanya.

Baca juga: HUT Banten, Pemprov dan DPRD komitmen lanjutkan pembangunan
 
Muktabar mengatakan peringatan HUT ke-24 Banten dapat dijadikan sebuah momentum mengingat bersama untuk terus berkolaborasi dalam pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di Provinsi Banten.
 
"Provinsi Banten merupakan salah satu wilayah yang strategis. Kita memiliki infrastruktur yang baik. Daya dukung ekonomi terus kita kuatkan. Potensi yang dimiliki antara wilayah utara dan selatan kita dorong untuk dapat saling mengisi," ujar Al Muktabar.
 
Pada kesempatan itu, dia juga menuturkan 24 tahun Provinsi Banten telah banyak capaian yang diraih dalam mengimplementasikan mandatori para tokoh pendiri Provinsi Banten untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat.
 
"Langkah-langkah kerja kita yang telah kita capai, satu di antara parameter dari kesejahteraan rakyat adalah perwujudan infrastruktur dan berbagai hal penopang lainnya dengan parameter Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan lainnya," katanya.

Baca juga: HUT Banten, anggota DPRD Banten soroti pabrik narkoba hingga miras
 
Sementara, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Akmal Malik berharap momentum HUT ke-24 Provinsi Banten dapat menjadi vitamin bagi pemerintah dan masyarakat Provinsi Banten untuk mengoptimalkan potensi dalam rangka mendukung Indonesia maju.
 
"Jadikan peringatan hari ulang tahun ini sebagai momentum untuk melihat diri kembali, melakukan introspeksi dan menilai sudah sejauh mana capaian yang diraih dari pembentukan otonomi daerah," ujar dia.
 
Selanjutnya, kata Akmal, Menteri Dalam Negeri juga berpesan kepada pemerintah daerah untuk terus menggiatkan upaya-upaya pemulihan ekonomi nasional. Meliputi pengendalian inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan lainnya.
 
"HUT Provinsi Banten tentunya diharapkan dapat menggugah kita semua untuk kembali menelaah berbagai permasalahan yang kita hadapi ataupun berbagai kesempatan yang dimiliki dalam upaya menghasilkan prestasi yang lebih baik ke depan," ujar dia.
 
Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua Sementara DPRD Provinsi Banten Fahmi Hakim dan dihadiri oleh perwakilan Kementerian Sekretariat Negara RI, Forkopimda Provinsi Banten, Anggota DPR RI dan DPD RI asal Provinsi Banten, Anggota DPRD Provinsi Banten, Tokoh Masyarakat, Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Banten dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: Kota Tangerang peringkat pertama penurunan stunting di Banten

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024