Sebanyak 34 sekolah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Provinsi Banten meraih penghargaan sekolah adiwiyata tingkat nasional dan mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala DLH Kota Tangerang Wawan Fauzi di Tangerang, Kamis, mengatakan penghargaan ini merupakan hasil kerja sama semua pihak khususnya seluruh elemen di setiap sekolah masing-masing.

"Praktik baik dan perilaku ramah lingkungan yang dilaksanakan di masing-masing sekolah diharapkan akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya," kata Wawan dalam keterangannya.

Ia menjelaskan Adiwiyata merupakan program nasional yang bertujuan untuk mendorong sekolah-sekolah di Indonesia agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Baca juga: 50 ribu siswa di Kota Tangerang sudah terima manfaat makan bergizi gratis
Sekolah yang menerima penghargaan ini telah menerapkan prinsip keberlanjutan dalam pembelajaran, pengelolaan lingkungan sekolah, serta berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar sekolah.

"Ini adalah bukti bahwa sekolah-sekolah di Kota Tangerang tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan mendidik generasi muda tentang pentingnya kelestarian alam," katanya.

Sementara itu sekolah yang meraih penghargaan adiwiyata nasional tahun 2024 adalah SD Strada Santa Maria, SD Strada Slamet Riyadi 01, SD Strada ST Fransiskus, SDN Belendung, SDN Bugel 3, SDN Cimone 1, SDN Cipete 3, dan SDN Gerendeng 1.

Kemudian  SDN Gerendeng 2, SDN Karawaci 1, SDN Pabuaran 1, SDN Periuk 4, SDN Petir 3, SDN Poris Plawad 7, SMP Strada Slamet Riyadi, SMPN 12 Tangerang, SMPN 13 Tangerang, SMPN 15 Tangerang, SMPN 17 Tangerang, SMPN 2 Tangerang, SMPN 26 Tangerang, SMPN 31, SMPN 6 dan SMPN 8 Tangerang.

Sedangkan yang meraih adiwiyata mandiri tahun 2024 adalah SDN Panunggangan 9, UPT SMP Negeri 24 Tangerang, SDN Karawaci Baru 3, SMPN 18 Tangerang, SDN Karawaci baru 7, SDN Karawaci 8, SDN Cikokol 1, SDN Karawaci 13, SDN Pasar Baru 1 dan SDN Karawaci 5.

Baca juga: Dindik Kota Tangerang hentikan sementara infak sedekah dari sekolah

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024