Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin merebut kemenangan Moto Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu.

Ini merupakan kemenangan balapan Grand Prix pertama Martin sejak sembilan balapan terakhir yakni Grand Prix Prancis di Sirkuit Le Mans pada Mei.

Martin menjadi yang tercepat di depan para pesaing beratnya pada balapan utama kali ini, yakni Pedro Acosta (GASGAS Tech3) dan juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Acosta dan Bagnaia masing-masing terpaut 1,404 detik dan 5,595 detik dari sang pemimpin balapan sekaligus pemimpin klasemen sementara Martin.

Baca juga: Jorge Martin mulai balapan MotoGP Mandalika dari grid terdepan

Martin yang memulai balapan dari posisi terdepan terlihat konsisten dalam mempertahankan posisinya sejak start. Ia juga terlihat tidak gegabah dalam melakukan strateginya agar kesalahan di Sprint pada hari sebelumnya tidak terjadi lagi.

Sementara Bagnaia yang memulai dari P4 segera berakselerasi dan bersaing dengan Acosta, Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46), dan Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) untuk memperebutkan barisan depan.

Lap pertama pun berlangsung intens di bagian belakang grid, di mana sejumlah pembalap yakni Alex Marquez (Gresini Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Jack Miller (Red Bull KTM), dan Luca Marini (Repsol Honda) terlibat kecelakaan hebat dan membuat keempatnya keluar lebih awal pada balapan utama kali ini.

Baca juga: Francesco Bagnaia juarai Sprint MotoGP Mandalika

Sementara, Marc Marquez (Gresini Racing) juga mengalami hari yang cukup berat setelah berjuang untuk memperbaiki posisinya menuju barisan depan, ia juga terpaksa keluar dari balapan menyusul tunggangannya yang mengalami masalah teknis dengan api yang terlihat pada bagian bawah motor.

Di sisi lain, meskipun Bagnaia berhasil mencatatkan waktu lap tercepat pada balapan utama, ia masih kesulitan untuk mengklaim dua posisi di depannya hingga lap-lap terakhir.

Sang juara GP Indonesia 2023 itu harus puas mengakhiri balapan di podium terakhir tahun ini.

Melengkapi daftar 10 adalah Morbidelli, Bezzecchi, Maverick Vinales (Aprilia Racing), Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Brad Binder (Red Bull KTM), Johann Zarco (LCR Honda), dan Raul Fernandez (Trackhouse Racing).

Sementara itu, putaran ke-16 MotoGP musim 2024 akan berlanjut di Sirkuit Motegi, Jepang, pada 4-6 Oktober.

Baca juga: Valentino Rossi dijadwalkan ke Sirkuit Mandalika tahun depan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024