Tangerang Selatan (Antaranews Banten) - Tim Kemeneterian Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menunjuk tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Tangerang Selatan sebagai "contoh panutan" (role model) pelayanan.

"Kali ini tim melihat proses pelayanan pokok di beberapa OPD di Kota Tangsel, yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, RSU Kota Tangsel dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil," kata Kepala Bidang Koordinas Pelayanan Publik Wilayah I Deputi Bidang pelayanan punlik Kemenpan RB Suyatno di Tangerang Selatan, Selasa.

Suyatno menyampaikan hal tersebut setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke sejumlah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan pada hari Senin (21/5).

Menurut dia dari tiga instansi pelayanan tersebut, nantinya akan disaring di kementerian untuk ditentukan apakah pelayanan yang diberikan lebih baik dibandingkan pelayanan di daerah lain.

"Tahun 2018 ini ada tiga OPD. Sementara kita akan nilai dan tinjau terus. Terutama nantinya apakah ketiganya jauh lebih baik dibandingkan daerah lain. Kalau lebih bagus akan terus kami lakukan pembinaan," kata Suyatno.

Dari hasil kunjungan ini, menurutnya akan diumumkan di bulan Oktober. Dimasukannya OPD ke dalam penilaian ini merupakan pertama kalinya bagi Pemkot Tangsel.

Sementara Kepala Bidang Organisasi pada Sekretariat Daerah Kota Tangsel Novyar Rani mengatakan penilaian ini dilakukan dalam rangka standar pelayanan. Dimana bertujuan untuk memuaskan masyarakat dalam melakukan proses kelengkapan identitas, pengobatan dan perizinan.

"Dalam kunjungan ini, ada sosialisasi terkait sistem pelayanan publik dan pengisian kuosioner dan diinput. Sehingga tiga SKPD ini bisa menjadi role model pelayanan publik baik untuk kantor pelayanan di Kota Tangsel atau di daerah lainnya," kata Rani.

Baca juga: Disdukcapil Tangsel Kembali Raih Penghargaan ISO

Pewarta: Annisa

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018