PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melalui SHAFTHI (Soekarno Hatta Fuel Terminal & Hydrant Installation) resmi meluncurkan Program Greenhouse Sirih di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Kamis (26/9). 

Peresmian program ini dihadiri oleh Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Tangerang DR.Eng Ir. Ruta Ireng Wicaksono, ST, M.Eng yang mewakili Walikota, Camat Neglasari Andhika Nugraha Krisyna Murti, SSTP, Lurah Mekarsari Yayan Suryana Permana, SE, Area Manager Communication, Relations, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan, serta Manager SHAFTHI, Bapak Ridwan. 

Program tersebut merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan memberdayakan berbagai kelompok masyarakat, termasuk ibu rumah tangga, pekerja serabutan, pemuda, dan lansia, serta menjadi solusi inovatif untuk menjawab permintaan daun sirih yang terus meningkat. Dalam pembukaannya, acara ini  dimeriahkan dengan berbagai kekayaan budaya seperti penampilan budaya khas Kecamatan Neglasari, yaitu tarian Sipadmo dan atraksi wushu. Produk unggulan Kampung Sirih dan Batik Ecoprint juga di pertunjukan yang tentunya merupakan hasil karya masyarakat Kampung Sirih yang terus diberdayakan melalui program ini.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga JBB kembangkan inovasi dalam TJSL Kampung Sirih di SHAFTHI

Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menambahkan bahwa upaya program ini selaras dengan tujuan perusahaan yang ingin mendukung kesejahteraan masyarakat melalui solusi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Greenhouse Sirih ini mencerminkan komitmen kami untuk mendukung kesejahteraan masyarakat melalui solusi berkelanjutan. Dengan meningkatnya permintaan daun sirih, greenhouse ini sangat penting untuk memastikan pasokan yang stabil demi mendukung usaha olahan sirih masyarakat,” kata Eko dalam keterangan resminya.

Program Greenhouse Sirih merupakan bagian dari Betel Leaf Empowerment Hub Program yang sudah berjalan sejak 2020. Tentunya, juga sejalan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) khususnya pada poin 1 yaitu Tanpa Kemiskinan, poin 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta poin 12 yang meliputi Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga JBB kembangkan inovasi dalam TJSL Kampung Sirih di SHAFTHI

Perwakilan Walikota Kota Tangerang, DR.Eng Ir. Ruta Ireng Wicaksono, ST, M.Eng, juga memberikan apresiasi kepada PT Pertamina Patra Niaga SHAFTHI atas dedikasi dan dukungannya terhadap pengembangan potensi masyarakat lokal di Kecamatan Neglasari.

"Peluncuran Greenhouse Sirih ini adalah langkah signifikan dalam mendukung potensi lokal dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Kami mengapresiasi PT Pertamina Patra Niaga SHAFTHI yang terus berkomitmen dalam pemberdayaan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan," ucap Ruta Ireng Wicaksono

Manager PT Pertamina Patra Niaga SHAFTHI,  Ridwan juga mengatakan bahwa Upaya ini akan terus dilakukan untuk memberdayakan masyarakat lokal melalui program-program yang berkelanjutan. Dengan ini PT Pertamina Patra Niaga SHAFTHI  menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung masyarakat Mekarsari dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

"Sejak 2020, kami terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat Mekarsari dengan program-program yang berkelanjutan. Dengan Greenhouse Sirih, kami yakin produksi dan pasokan daun sirih akan semakin efektif dan memberikan dampak ekonomi yang lebih besar bagi warga setempat," tutup Ridwan. 

Baca juga: Pertamina Patra Niaga SHAFTHI berdayakan ibu rumah tangga lewat Teh SIJALE
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024