Ada yang menarik saat pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten yang dilaksanakan KPU Banten pada Senin (23/9) setelah pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi memberikan mawar merah dan putih kepada pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah. 

Pemberian mawar itu diberikan Airin setelah menyampaikan sambutan sebagai calon gubernur Banten yang mendapatkan nomor urut 1. Mawar diberikan Airin kepada Andra, diikuti oleh Ade Sumardi kepada Dimyati Natakusumah. 

Ketua DPD Partai Demokrat Iti Octavia Jayabaya juga menghampiri Airin. Meski berada di pendukung Andra, mantan Bupati Lebak ini memeluk erat Airin seakan menggambarkan bahwa persahabatan akan tetap terjalin meski harus berkompetisi di Pilkada. Iti kemudian bersalaman dengan Ade Sumardi, mantan wakilnya ketika menjadi Bupati Lebak. 

Baca juga: Pilkada Banten, Airin-Ade nomor 1 dan Andra-Dimyati 2

Melihat momen itu, akademisi Untirta Nia Kania Kurniawati mengapresiasi. Ia menilai, pemberian bunga mawar tersebut sebagai tanda persahabatan.

"Bunga mawar semua orang juga tahu bahwa menandakan arti romansa, baik itu dalam hubungan pertemanan, pasangan, maupun kolega. Warna merah itu sendiri menandakan kehangatan, sedangkan warna mawar putih artinya ketulusan dan kedamaian," kata Nia di Serang, Selasa.

Nia juga mengapresiasi semua pihak yang bekerja untuk suksesnya Pilgub Banten. “Apalagi tidak ada kotak kosong sehingga masyarakat punya pilihan alternatif pemimpi Banten lima tahun ke depan,” ujarnya.

Baca juga: Airin-Ade Sumardi dapat nomor urut 1, simbol kemenangan

Pada saat memberikan sambutan usai mendapat nomor urut,  Airin sempat menyebut Andra sebagai seorang sahabat.

“Dan tentunya yang Saya banggakan, teman Saya, sahabat Saya, Bang Andra Soni, upplause untuk Bang Andra Soni,” kata Airin disambut tepuk tangan hadirin.

Tidak hanya itu, pada saat konferensi pers, Airin pun kembali menyebut nama Andra Soni sebagai sahabat. Ia berharap, Pilkada Banten bisa berjalan dengan demokratis, dan penuh riang gembira. 

“Saya dan Pak Andra sebagai seorang sahabat, tentu akan menjalani proses pilkada ini dengan penuh persahabatan dan mengedepankan visi misi yang akan kami berikan untuk masyarakat Banten,” kata Airin. 

Baca juga: KPU Banten tetapkan DPT Pilkada 2024 sebanyak 8.926.662 jiwa

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024