Pengguna mobil listrik di tidak perlu lagi khawatir dan semakin nyaman karena telah tersedia sarana "charging" mobil listrik dari PLN berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 43 titik lokasi strategis dengan total 71 mesin "charger" dan 1 unit SPKLU Mobile di wilayah Banten.

Upaya ini dilakukan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten untuk menghadirkan kenyamanan dan ketenangan bagi pengguna mobil listrik.

Jumlah unit mesin dan sebaran titik SPKLU di wilayah Banten akan terus bertambah selaras dengan konsistensi PLN dalam mendukung target pemerintah untuk mewujudkan target "Net Zero Emission" tahun 2060. Terbaru PLN UID Banten akan melakukan "launching" SPKLU Mall Samanea, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Dukung ekosistem kendaraan listrik, PLN Banten bangun SPKLU bertahap

General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin mengungkapkan bahwa pihaknya konsisten untuk terus menambah jumlah SPKLU PLN di wilayah kerjanya untuk memanjakan pengguna mobil listrik. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak perlu ragu jika ingin memiliki mobil listrik karena saat ini SPKLU PLN sudah ada dimana-mana.

"Adapun sebaran lokasi SPKLU dapat dilihat pada aplikasi PLN Mobile di menu "Electric Vehicle", sehingga masyarakat bisa memilih dimana ingin melakukan "charging" mulai dari "standar charging, medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging" semuanya ada. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur menarik "Trip Planner" yang dapat digunakan untuk mengatur perjalanan mobil listrik. Pengendara bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan, yang secara otomatis akan diberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut," kata Andy.

Andy juga menyampaikan terima kasih kepada para pengguna mobil listrik yang sudah memanfaatkan fasilitas SPKLU PLN yang tersebar di lokasi pusat keramaian hingga "rest area" jalur tol Tangerang - Merak. Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan SPKLU sehingga lebih banyak lagi masyarakat pengguna mobil listrik yang memanfaatkan SPKLU PLN ini.

Baca juga: PLN gandeng 28 mitra badan usaha kembangkan SPKLU, SPBKLU dan "Home Charging"

Lientang (31) salah seorang pengguna mobil listrik asal Karawaci, Kota Tangerang yang memanfaatkan SPKLU Kantor PLN UID Banten merasa puas dengan layanan yang diberikan. Ia yang baru saja selesai melakukan perjalanan bisnis sengaja singgah di SPKLU tersebut untuk mengisi daya baterai kendaraan listrik kesayangannya.

"Ini sudah yang kesekian kalinya ya saya ke sini. Tempat tunggunya enak karena ada cafe juga, jadi saat proses _charging_ saya bisa menunggu sembari makan bakso, soto, hingga minum kopi. Enak sekali dan petugas yang mengarahkan sangat ramah. Pengisian juga dengan "fast charging" cepat, dari baterai 20% kurang lebih 1 jam sampai kembali "full", tapi itu tidak terasa karena saya tinggal bersantai sejenak di cafe PLN," kata Lientang .

Ditemui di lokasi berbeda, hal senada juga disampaikan Fahad (33) warga Kota Serang yang memanfaatkan layanan "ultra fast charging" SPKLU Pelabuhan Merak. Ia sungguh terkejut karena pengisian daya baterai mobil listrik barunya dari 50% menjadi "full" hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. 

"Saya hendak menyeberang ke Lampung dan semalam lupa "charge" baterai kendaraan di rumah. Dari fitur _trip planner_ di aplikasi PLN Mobile diarahkan kemari, sungguh terkejut sekali karena cepat pengisiannya. Yang lebih membuat saya senang di sini juga ada fasilitas tunggu yang membuat nyaman. Terima kasih ya kepada PLN, sepertinya saya akan sering ke sini," tutup Fahad .

Baca juga: PLN pastikan layanan cepat dan terpercaya dengan aplikasi PLN Mobile

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024