Tangerang Selatan (Antaranews Banten) - Sebanyak 5.666 petak makam di tujuh kecamatan di Kota Tangerang Selatan berdasarkan data terkini masih belum digunakan atau kosong.
   
"Sebarannya berada di tujuh kecamatan. Ada TPU Pondok Benda Pamulang, TPU Jelupang Serpong Utara, TPU Jurang Mangu Timur dan Barat di Pondokaren, TPU Babakan di Setu, TPU Binbing Serpong dan TPU Jombang di Ciputat," kata Kabid PJU dan Permakaman Dinas  Permukiman dan Pertanahan Kota Tangsel Muhammad Saleh Musa di kantornya, Taman Tekno, Jumat.
   
Dari TPU tersebut, kebanyakan tanah makam kosong berada di TPU Jelupang yakni sebanyak 1.527 petak. Disusul dengan TAPI Babakan sebanyak 1.373 lalu Jurang Mangu Barat yang masih menyediakan 1.370 petak makam untuk digunakan.
   
"Sisanya dibagi rata, berkisar 200-500 tanah makam kosong yang siap digunakan. Yang paling banyak ya ada di tiga TPU tadi, mencapai ribuan petak," ujar lelaki yang akrab dipanggil Musa.
   
Sementara PLT Kepala Dinas Permukiman dan Pertanahan Kota Tangsel Teddy Meiyadi menjelaskan jumlah yang ada tersebut masih di luar makam wakaf di tempat pemakaman bukan umum yang dikelola oleh masyarakat. Dimana perkiraannya mencapai ratusan titik di Kota Tangsel.
   
Saat ini proses pendataan masih terus dilakukan oleh Pemkot. Sehingga jumlah petak tanah kosong akan dipastikan lagi agar lebih valid. Hal tersebut dilakukan  terkait dengan program penyeragaman makam. Misalnya jenis rumput dan batu nisan.
   
"Nanti juga akan diseragamkan. Jadi kita beri rumput. Nisannya juga akan diseragamkan. Besar kecilnya. Sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada yang berziarah," ujar lelaki yang juga menjabat sebagai Asisten Daerah Tiga Pemkot Tangsel.
 
 

Pewarta: Annisa

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018