Kabupaten Tangerang (Antara News)  - Alfamart memberikan pelatihan terhadap puluhan ibu rumah warga Sindang Jaya Kabupaten Tangerang membuat bantal dari limbah pabrik berupa benang wol dan kain beludru bertempat di aula kantor Kecamatan Sindang Jaya.

"Pelatihan ini tak hanya mengajak ibu rumah tangga lebih peduli lingkungan dengan mengurangi sampah di rumah. Tapi juga mendaurulang sampah tersebut menjadi barang yang bernilai ekonomis," kata Branch Manager Alfamart Balaraja, Yosef Risdianto di Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Minggu.

Menurut dia, pelatihan kewirausahaan semacam ini akan berlangsung rutin beberapa bulan sekali di setiap cabang yang memiliki toko Alfamart.

“Tujuannya, tak lain untuk memberdayakan warga agar menjadi mandiri secara finansial. Kegiatan ini selaras dengan pilar CSR Alfamart SME’s (Small Medium Enterprises) atau UKM,” katanya.

Lebih jauh dijelaskan juga, perusahaan tak hanya peduli terhadap UKM yang sudah jadi atau sudah memiliki omzet, tapi juga peduli terhadap warga yang berniat menjadi UKM pemula.

Kepedulian terhadap UKM yang sudah dilakukan perusahaan selama ini antara lain dengan melibatkan mereka bergabung membuka usaha di halaman tokohingga melibatkan mereka untuk menyuplai barang dagangan di toko.

"Kami juga secara berkala memberi pelatihan manajemen ritel modern terhadap para pedagang kelontong di sekitar toko yang tergabung dalam member Kartu Ponta. Khusus member dari kalangan pedagang ini, mereka
mendapatkan harga khusus ketika berbelanja di Alfamart. Kalau mau beli, tinggal order dan bisa langsung kirim tanpa dikenakan biaya tambahan," ucapnya.

Sedangkan Kory selaku fasilitator kegiatan ini mengatakan, dengan  membuat ragam dompet dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar diharapkan dapat menjadikan warga lebih mandiri,  sebab barangnya layak jual atau memiliki nilai ekonomi.

Bahan yang diperlukan antara lain kain beludru, wol, gunting dan benang. Didampingi beberapa orang fasilitator, peserta yang kebanyakan merupakan ibu rumah tangga itu asyik mengikuti instruksi.

Sementara itu Eneng salah seorang peserta kegiatan mengatakan, sangat senang bisa mengikuti pelatihan membuat bantal hias sofa tersebut karena bisa memiliki keterampilan yang bisa dipraktekkan dengan mudah.

Baca juga: Peringati Hari Kartini Alfamart Gelar Program Mengajar

Pewarta: Ganet Dirgantara

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018