Kepala Dinas Kesehatan Tangerang dr. Dini Anggraeni mengungkapkan fasilitas kesehatan  telah siap untuk menangani kasus Mpox atau cacar monyet.

"Kita siap melaksanakan tracing apabila dalam satu rumah terdapat orang yang terinfeksi Mpox agar tidak ada penularan," kata dr. Dini Anggraeni dalam keterangannya di Tangerang, Banten , Minggu.

Ia menjelaskan penyebaran kasus Mpox melalui kontak erat secara langsung maupun tidak langsung seperti kontak fisik termasuk hubungan seksual. Kemudian penularannya tidak langsung seperti melalui benda - benda.

Baca juga: Bandara Soekarno Hatta pasang thermal scanner deteksi virus Mpox

Tetapi jika sudah terinfeksi atau terpapar maka kontak erat harus dicari. Nanti, setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium maka akan dapat dilakukan tindak lanjutnya.

"Di Kota Tangerang hingga saat ini tidak ditemukan kasus positif Mpox. Meski demikian, masyarakat tetap diminta untuk waspada dan terus menerapkan PHBS," ujarnya.

dr. Dini mengimbau masyarakat Kota Tangerang agar tetap menerapkan PHBS. Sehingga, pencegahan dapat dimulai dari sendiri.

"Paling utama adalah bagaimana kita melakukan pencegahan sehingga tidak terjadi dan memutus penularan agar tidak menyebar. Maka, PHBS menjadi salah satu kunci utama dalam upaya pencegahan," katanya.

Baca juga: Menjaga pola hidup bersih ternyata jadi kunci cegah Mpox

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024