Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang, Banten, meluncurkan pelayanan persalinan caesar dengan metode Enhanced Recovery After Caesarean Surgery (ERACS).

"Ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan layanan di RSUD, ada beberapa hal yang kita dorong yaitu dengan menambah jumlah layanannya, mengupdate teknologi yang digunakan, kemudian menambah jam operasional RSUD dan juga melengkapi dengan SDM yang dibutuhkan," kata Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin dalam acara peluncuran pelayanan persalinan caesar metode ERACS dan gebyar operasi bibir sumbing dan celah langit di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis.

Ia mengatakan layanan ERACS merupakan inovasi teknologi yang akan mempermudah proses pemulihan pasien serta akses terhadap layanan kesehatan yang lebih cepat dan efisien.

"Dalam bahasa sederhana, operasi caesar tapi ibunya akan dibuat lebih nyaman, sakitnya tidak terlalu dan lebih cepat pulih, sehingga nanti ada waktu yang maksimal untuk merawat bayinya," ujarnya.  

Baca juga: Sahabat Relawan Indonesia selamatkan warga Badui saat persalinan darurat

Ia berharap, dengan sistem ini, akan meningkatkan koordinasi antar fasilitas kesehatan, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan lebih optimal.

"Kami akan terus memberikan layanan yang prima dan layanan terbaik di RSUD Kota Tangerang. saya berharap, orang awam juga bisa paham dan mempersiapkan kehamilannya merawat kehamilan, dan pasca-kehamilan, dalam menyongsong Indonesia emas 2045," ucapnya.  

Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Tangerang Yusuf Alfian menuturkan, pelayanan persalinan caesar menggunakan metode ERACS merupakan metode operasi caesar dengan perawatan khusus yang berfokus untuk mempercepat pemulihan persalinan.

Baca juga: Faskes di Tangerang terima hibah alat bantu pernapasan bayi

Berbeda dengan metode operasi caesar konvensional pada umumnya, metode ERACS mempunyai beberapa keunggulan, mulai dari mengurangi durasi rawat inap, mengurangi rasa sakit, sampai meningkatkan kepuasan ibu yang melahirkan.  

“Kami baru saja meluncurkan secara resmi pelayanan metode operasi caesar pada umumnya, metode ERACS ini memperhatikan kondisi ibu pada sebelum, sesaat dan setelah operasi secara lebih detil. Oleh karenanya, metode ERACS dinilai lebih unggul karena akan memberikan kenyamanan ekstra bagi ibu yang melahirkan,” ujar Yusuf Alfian

Ia melanjutkan, RSUD Kota Tangerang juga menjamin layanan persalinan caesar menggunakan metode ERACS dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat secara terjangkau.

Terlebih, RSUD Kota Tangerang telah memastikan inovasi pelayanan persalinan baru tersebut telah diakomodasi oleh fasilitas Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di semua kelas golongan.

“Tidak hanya itu, pelayanan baru juga bisa diakses oleh pasien BPJS Kesehatan, baik pasien dari maupun luar Kota Tangerang, semuanya dapat difasilitasi,” kata dia.

 Baca juga: Penyakit parkinson tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia muda
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024