Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin, berharap Perbasi Cup Tangerang tahun 2024 yang diikuti 90 tim dari sejumlah sekolah tingkat SMP dan SMA serta klub di Kota Tangerang dapat menjadi destinasi "sport tourism".

“Ini kembali menjadi momen untuk Kota Tangerang terus menjaring atlet-atlet muda berbakat pada olahraga Basket. Dan melalui event bergengsi ini pula, semakin mendorong Kota Tangerang sebagai destinasi sport tourism,” kata Penjabat Wali Kota Nurdin saat membuka Perbasi Cup Tangerang 2024 di GOR Dimyati Kota Tangerang, Minggu.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada jajaran di Perbasi Kota Tangerang yang terus membuka ruang bagi para pelajar unjuk menyalurkan bakatnya dan melakukan regenerasi atlet pada bidang olahraga basket.

Tak hanya itu saja, melalui sektor olahraga, bidang pendukung lainnya seperti UMKM juga bisa ikut terlibat dan membangun ekosistem kolaborasi yang baik dan daya tarik bagi masyarakat.

“Dengan sering dihelatnya event olahraga di Kota Tangerang, insya Allah kota ini tak hanya sebagai kota Sport Tourism, namun juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat karena turut melibatkan para pelaku UMKM di dalamnya," katanya.

Baca juga: Pelita Jaya juarai IBL 2024

Ketua PERBASI Kota Tangerang Andri Permana menyatakan, khusus tahun ini PERBASI Kota Tangerang mengusung tema This City is Ours menjadi pernyataan sikap untuk mengajak anak-anak muda untuk memiliki rasa memiliki dan mencintai Kota Tangerang. Karena, masa depan Kota Tangerang hanya milik anak-anak muda yang mencintai dan berkorban untuk Kota Tangerang.

“Akhirnya ini menjadi sebuah pertanggungjawaban sosial PERBASI untuk ekosistem yang kita bangun. Tidak hanya untuk para atlet, tapi juga semua pihak atau instrumen yang menjadi faktor pendukung geliat basket di Kota Tangerang. Sehingga, dalam PERBASI CUP Kota Tangerang 2024 ini tak hanya soal pertandingan, tapi ada pengembangan ekonomi lewat UMKM hingga performance dalam hal sportainment,” katanya.

Sebanyak 45 tim tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 45 tim tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Tangerang akan bertanding pada kompetisi olahraga Basket yang diselenggarakan di GOR Dimyati Kota Tangerang mulai tanggal 18 - 31 Agustus 2024.

Ketua Pelaksana Perbasi CUP Kota Tangerang 2024 Teguh Wibowo menjelaskan, pada event tahun ini ada empat kategori pertandingan yakni kategori 5 on 5 SMA Putra, kategori 5 on 5 SMA Putri, kategori 5 on 5 SMP Putra, dan kategori 5 on 5 SMP Putri. "Seluruh kategori pertandingan dilaksanakan dengan menggunakan sistem gugur," katanya.

Baca juga: Tim basket putra Indonesia cetak sejarah dengan raih emas ASG 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024