Dokter spesialis bedah jantung, paru dan pembuluh darah Siloam Hospital dr. Maulidya Ayudika Dandanah mengatakan infeksi gigi yang berlangsung lama disebabkan karena adanya pembusukan maupun berlubang bisa menyebabkan penyakit katup  jantung.

"Penyakit katup jantung bisa disebabkan karena salah satunya infeksi gigi yang berlangsung lama. Maka itu sangat penting untuk perawatan memastikan tak ada gigi yang berlubang bahkan mengalami pembusukan. Hal ini untuk gigi orang dewasa," kata dr. Maulidya Ayudika Dandanah di Tangerang, Jumat.

dr. Maulidya mengatakan kegiatan sikat gigi sebelum tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung juga. Karena kebersihan gigi sangat penting.

"Ini hasil kasus yang telah ada, sebagian besar di Asia Tenggara untuk penyakit katup jantung karena infeksi gigi," ujarnya.

Baca juga: Dokter: Kanker tiroid disebabkan paparan radiasi hingga genetik

Penyakit katup jantung adalah kondisi pada katup yang tidak berfungsi dengan baik dengan ciri seperti suara bising jantung, nyeri dada, sesak napas, dan nyeri kepala.

Manusia memiliki empat katup dan berfungsi memastikan darah mengalir ke arah yang tepat melalui empat ruangan jantung dan seluruh tubuh. Ketika orang mengalami masalah pada katup jantung sehingga tidak dapat membuka dan menutup seperti seharusnya maka menyebabkan aliran darah menjadi tidak tentu dan sulit dipompa dari jantung.

Terkait penanganan penyakit jantung, Siloam Hospital telah meningkatkan dan mengembangkan layanan bedah jantung minimal invasive sebagai bagian dari komitmen rumah sakit.

Ia menuturkan, bedah jantung minimal invasive adalah teknik modern yang menggunakan insisi kecil untuk melakukan prosedur jantung dengan presisi yang lebih besar dan trauma yang lebih sedikit pada jaringan di sekitar area operasi. 

"Metode ini menawarkan banyak keuntungan dibandingkan dengan bedah jantung terbuka tradisional, termasuk waktu pemulihan yang lebih cepat, risiko yang lebih rendah, bekas bedah yang lebih kecil, dan tinggal rumah sakit yang lebih singkat," ujarnya.

Baca juga: Dokter sebut atasi nyeri lutut lalui tindakan medis UKA pulih lebih cepat

Selain minimal invasive di bidang jantung, Siloam Hospitals Lippo Village juga memiliki minimal invasive di bidang paru (VATS) dan pembuluh darah (Endovaskular)

Sementara itu manfaat bagi pasien melakukan bedah jantung minimal invasive adalah pemulihan yang lebih cepat, resiko yang dialami lebih kecil, bekas luka yang lebih kecil, tinggal di Rumah Sakit yang lebih singkat dan rasa nyeri lebih minimal 

"Peluncuran bedah jantung minimal invasive adalah bukti komitmen terhadap keunggulan dalam pelayanan kardiovaskular. Kami sangat senang bisa menawarkan teknik bedah terkini kepada pasien dan berharap dapat membantu mereka mencapai hasil kesehatan yang lebih baik dengan waktu pemulihan yang lebih singkat," ujarnya.

Baca juga: Penyakit autoimin disebut meningkat pascapandemi COVID-19

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024