Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) menyiapkan karnaval pelajar dalam rangka persiapan menyambut hari ulang tahun atau HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-79.

"Di tahun ini kami ingin lebih beda dari tahun-tahun sebelumnya," kata Pelaksana tugas (Plt) Dindikpora Kabupaten Pandeglang Nono Suparno dalam keterangan resminya, Jumat.

Ia mengatakan, sesuai arahan Asisten daerah (Asda) satu dalam momen HUT RI tahun ini akan melibatkan karnaval untuk satuan pendidikan yang terdekat ke alun-alun kota dari jenjang sekolah dasar atau (SD) sampai sekolah menengah pertama (SMP).

"Dari masing-masing sekolah terdiri dari 50 pelajar dengan diiringi drum band dan alat musik daerah serta melibatkan 100 paduan suara," katanya menambahkan.

Baca juga: Ruwat laut, tradisi bentuk rasa syukur nelayan di Pandeglang

Dalam kegiatan tersebut, kata Nono, para pelajar akan memakai pakaian kebaya nasional serta adat dari berbagai Provinsi, seperti pakaian adat daerah Papua, Aceh, Kalimantan, dan lain-lain. 

"Artinya bahwa kita mengingatkan kembali  kepada para pelajar dan masyarakat sekitar agar rasa cinta nasionalisme, kebangsaan dan kebudayaan daerah agar terpelihara dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan' HUT RI di 2024 ini ingin lebih semarak karena merupakan tahun terakhir dalam mengemban tugas kepala daerah atau pemerintahan Bupati Pandeglang Irna Narulita.

"Sekaligus kami dari keluarga besar Disdikpora  mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas jasa-jasa beliau," pungkas Nono.

Baca juga: Wisatawan hilang di Pantai Carita Pandeglang ditemukan meninggal

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024