Tangerang (ANTARA News Banten) - Puluhan masyarakat dan penggiat wisata Kota Tangerang mengikuti pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) agar bisa lebih maksimal dalam mengelola objek wisata yang ada.

Kepala Seksi Pengembangan SDM Sisata  Dinas Pariwisata Propinsi Banten Rochaendi mengatakan, melalui program tersebut memberikan kontinuitas semangat pengelola wisata agar menjaga aset yang sudah dikenal sesuai dengan kaidah sapta pesona.

"Sebuah destinasi dapat bertahan karena SDM nya, sehebat apapun konten dan daya tarik wisata jika SDM tidak menjaganya sesuai dengan sapta pesona maka tidak akan bertahan lama," katanya.

Baca juga: Pemkab Pandeglang Tata Objek Wisata Situ Cikeudal

Lurah Babakan Kecamatan Tangerang, Abu Sofiyan menyatakan materi yang diberikan kepada penggiat wisata adalah mengenai Sapta Pesona di destinasi wisata.

Ada beberapa kategori dalam sapta pesona yakni aman, tertib, sejuk, indah, ramah, kenangan dan nersih.

"Jadi, dalam meningkatkan kunjungan maka harus memenuhi kriteria sapta pesona tersebut," katanya.

Abu Sofiyan berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan yang berlokasi di Kampung Bakelir ini, diharapkan para  penggiat wisata akan lebih memahami dalam mempromosikan wisata yang ada terutama di Kampung Bekelir.

Untuk memenuhi target Kota Tangerang sebagai Kota Wisata, maka kedepannya akan dibuat kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Kampung Bekelir.

"Bulan April akan dibentuk yang terdiri dari masyarakat dan pengelola wisata di Kampung Bekelir," ujarnya.

Pewarta: Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018