Tangerang Selatan (ANTARA News Banten) - Ketua MPR, Zulkifli Hasan berharap Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) yang baru dikukuhkan di Serpong, Tangerang Selatan dapat meningkatkan kesejahteraan kepada petani kopi Indonesia.

"Saya berharap Dekopi nantinya dapat menjadi perantara antara pemerintah dan petani kopi untuk meningkatkan kesejahteaannya," kata Zulkifli yang hadir dalam pengukuhan anggota Dekopi di Intermark, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu.

Zulkifli mengatakan melalui Dekopi, petani memiliki wadah untuk menyalurkan keluh kesah, kemudian pemerintah dapat mencari solusi atas persoalan yang ada di lapangan.

Baca juga: Petani Lebak Diminta Tingkatkan Produksi Kopi

Zulkifli juga menambahkan,  kesejahteraan petani kopi perlu ditingkatkan mengingat kopi di Indonesia memiliki banyak penggemar.

Senada hal tersebut, Menteri Pertanian Amran Sulaiman berharap Dekopi bisa ikut berkontribusi menciptakan regulasi terhadap petani kopi.

Dia melihat  keberadaa Dekopi sangat penting dan strategis ke depannya.

"Besar harapan agar Dekopi bisa membanti kami menciptakan regulasi bagi Petani Kopi Indonesia. Terkahir saya ucapkan selamat kepada Dekopi, semoga amanah dalam menjalakan tugasnya," kata dia.

Sementara Ketua Umum Dekopi Anton Apriantono mengakui saat ini perkebunan kopi di Indonesia mengalami kemunduran. Karena itu dalam kepengurusannya bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan Petani Kopi.

"Peningkatan kesejahteraan petani menjadi program pertama kami di tahun pertama kami," kata dia usai dikukuhkan.

Terakhir dia mengungkapkan terimakasih terhadap Ketua MPR dan Menteri Pertanian yang berkesempatan hadir dalam pengukuhan anggota Dekopi ini.

"Karena hadir saya bertekad akan melakukan tugas dan amanah yang diberikan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani kopi dan penikmat kopinya sekaligus," ujarnya.

Pengkukuhan anggota Dekopi merupakan bagian dari rangkaian Festival Kopi Nusantara yang diselenggaakan di Intermark, Serpong, Tangerang Selatan. 

Pewarta: Annisa

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018