Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Pemprov Banten menggelar event "Temu Bisnis Kemitraan Nasional Rantai Pasok (KENAROK)" untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan industri pariwisata dalam memperkuat rantai pasok industri pariwisata. 

"Potensi industri kreatif di Banten sangat besar. Maka itu event ini sebagai wadah dalam mempertemukan antara pelaku UMKM dan industri sehingga dapat meningkatkan perekonomian nasional," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno di Tangerang Sabtu.

Perlu diketahui "Temu Bisnis Kemitraan Nasional Rantai Pasok (KENAROK)" dilaksanakan di mal Living World Serpong Tangerang mulai 26 - 28 Juli 2024. 

Baca juga: OJK kembangkan ekosistem keuangan inklusif di Desa Wisata Padarincang

Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Syaifullah Agam menambahkan ada 40 UMKM Provinsi Banten yang memamerkan produk ungulannya dan semua telah melalui proses kurasi yang dilakukan.

Ia berharap kegiatan ini bisa membuka kemitraan antara pelaku UMKM dengan industri pariwisata karena banyak perusahaan besar di wilayah Tangerang raya.

"Harapan besarnya adalah memberikan dampak yang signifikan kepada pelaku UMKM melalui produknya yang dapat dimanfaatkan oleh industri," kata Syaifulla didampingi Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizki Handayani

Kadis Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi mengatakan ekonomi pariwisata di wilayah Tangerang sangat besar. Berdasarkan catatan, untuk di Tangsel saja pendapatan dari sektor pariwisata mencapai Rp450 miliar. Kemudian di Kabupaten Tangerang Rp650 miliar.

"Peran ekonomi kreatif sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi. Pendapatan sektor pariwisata dari delapan Kabupaten/Kota bisa mencapai Rp1 triliun lebih. Potensi ini bisa semakin meningkat jika kolaborasi terus ditingkatkan," katanya.

Baca juga: Gelora Bung Karno masuk usulan PSN untuk konser internasional

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024