Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) salah satu festival model terbesar dan berpengaruh di Indonesia menggelar fashion show ke-20 nya tahun ini dengan menggandeng DRP Paris di Summarecon Mall Serpong Tangerang dari 26 Juli hingga 4 Agustus 2024

“DRP Jakarta ini, sebuah festival budaya urban dan street culture dari Prancis," kata Soegianto Nagaria selaku Chairman JF3 dalam keterangannya di Tangerang Sabtu.

Ia menjelaskan cita-cita JF3 pun masih sama yakni membawa brand lokal Indonesia bisa menembus pasar global. Meskipun brand lokal yang termasuk dalam kategori UMKM seringkali memiliki keterbatasan akses dan modal untuk bisa melakukan eksibisi di luar negeri. 

“Maka kali ini JF3 berinisiatif mendatangkan event berskala global ke Indonesia, dengan harapan bisa membuka kesempatan bagi lebih banyak brand lokal untuk berpartisipasi dalam pentas internasional. DRP Jakarta akan menegaskan bahwa industri dan trend mode kini tidak lagi dipersempit dengan hambatan batas geografis,” kata dia.

Menurutnya, kreativitas antar negara akan saling berinteraksi dan memberikan timbal balik yang saling menguntungkan. Publik Indonesia tidak hanya diperkenalkan kepada brand mode internasional yang sedang populer di kalangan muda internasional. Tapi juga banyak brand lokal Indonesia akan dikenal oleh pelaku dan pemerhati mode global.

“Kita sama-sama tahu, DRP Paris telah dikenal luas pecinta trend streetwear internasional, berlangsung di tengah masa penyelenggaraan Paris Fashion Week, yang tahun lalu bertempat di Jardin des Tuileries, Paris. Festival ini menjadi titik kumpul komunitas dan pelaku utama budaya urban dan street culture di Perancis, menampilkan busana streetwear, sneakers, live music, pertunjukan skateboard, dan street food,” kata dia.

Baca juga: Batik khas Banten jadi bagian fashion show gelaran DWP Kemenkumham

Tak sekedar perayaan, DRP juga memegang teguh filosofi Drop Culture, yaitu gerakan menentang fast fashion dengan merilis produk dalam jumlah terbatas dan pada periode tertentu. 

“Membawa brand mode dari Prancis bukan hal yang mudah, karena mereka Perancis merupakan ekosistem mode yang sangat maju dan dikenal memiliki standar yang tinggi. Sehingga kami sangat bangga dan terhormat ketika Indonesia melalui JF3 terpilih dan dipercaya sebagai lokasi pertama di luar Prancis untuk menjadi tuan rumah DRP,” kata Thresia Mareta, Advisor JF3.

Brand Prancis yang terpilih untuk hadir di DRP Jakarta saat ini sedang populer dan sangat diminati kaum muda. Bahkan kurasi brand Perancis yang akan hadir kali ini di DRP Jakarta lebih baik dibanding dengan DRP Paris tahun lalu.

DRP Jakarta membawa brand streetwear Prancis, yaitu Pablo T-Shirt Factory, Barriers Worldwide, Please Paulo Stop Cappin, dan A1 Denim. Tidak kurang dari 70 brand lokal dan internasional yang akan berpartisipasi, semuanya melalui kurasi ketat oleh penyelenggara DRP Jakarta yang terintegrasi dengan DRP Prancis.

“Ada juga brand asal Indonesia yang sudah lolos akurasi di DRP Jakarta, seperti Kick Avenue, LAKON Indonesia, Kanky, Untold, Bratpack, Denimitup, Rawtyperiot, juga Control New, brand streetwear dengan pendekatan berkelanjutan untuk produksi aksesori dan busana,” katanya.

Bukan hanya gelaran fashion show, ada juga berbagai pertunjukan dan aktivitas memacu adrenalin. Seperti demo freestyle streetball yang diisi oleh profesional dan skill 1 on 1 atau 2 on 2 bersama para selebriti, serta sesi bersama komunitas streetball. 

DRP Jakarta juga menghadirkan komunitas skateboard, dan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Talkshow, Free Skating, Public Skate Session, Game of Skate, Board Painting, Fashion Show with feature skaters, Vert Ramp Demo, dan Park Demo Session dari skater berpengalaman yang siap memukau pengunjung termasuk hadirnya atlet skateboard peraih medali internasional.

Baca juga: Angelina Sondakh jadi juri fashion show Porsenap Kemenkumham Banten

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024