Jakarta (AntaraNews Banten) - Sebanyak 37 proyek inovasi para siswa dan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) berhasil masuk dalam empat besar dalam kompetisi Intellectual Property Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEX) 2018 di Bangkok, Thailand.

Director of International Partnership INNOPA Megaria Agustina  di Jakarta, Kamis, mengatakan tahun ini Innopa mengirimkan 37 proyek inovasi dan menduduki posisi keempat terbesar setelah Korea dalam membawa proyek Inovasi di acara IPITEX 2018.

"Hal ini merupakan  prestasi yang luar biasa bagi Indonesia untuk menunjukan bahwa kita mampu bersaing dan turut berpartisipasi aktif di ajang Inovasi dunia," katanya.

Dalam acara yang berlangsung selama lima hari tersebut, dikatakannya, telah berhasil menyabet 15 medali emas, 7 medali perak dan 15 medali perunggu dan berbagai special award dari berbagai negara.

Megaria juga mengatakan, INNOPA sebagai asosiasi swasta yang menyaring anak-anak untuk berlaga di International berharap inovasi yang telah dibuat tidak hanya sampai disini.

Tapi bisa dikembangkan dan diproduksi secara masal sehingga berguna bagi masyarakat. "Tentunya Hal ini membutuhkan peran para investor untuk membantu anak-anak memproduksi inovasi sehingga bisa dipasarkan di Indonesia," katanya.

Kompetisi IPITEX 2018 adalah acara rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh National Research Council of Thailand pada tanggal 2-6 February 2018.

Tanggal tersebut telah ditetapkan sebagai hari inovasi di Thailand atau yang dikenal sebagai Thailand Inventors Day.

Kompetisi IPITEX 2018 diikuti oleh lebih dari 30 negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapore, Vietnam, Thailand, Korea, Japan, Taiwan, Phillipines, India, Iran, Egypt, UAE, Poland, Romania, China, Macau, Hong Kong, England, Lebanon, Russia dan negara lainnya lebih dari 1000 Inovasi dari berbagai kategori seperti Teknologi, Pertanian, Kimia, Biologi, Mesin, Desain, Kedokteran, dan lainnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018