Tangerang (Antaranews Banten) - Petugas Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Bandara Seokarno-Hatta kembali menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster sebanyak 33.400 ekor ke Singapura.

Kepala Bea Cukai Bandara Soetta, Erwin Situmorang di Tangerang Selasa mengatakan, benih lobster senilai Rp6,6 Miliar tersebut disimpan dalam kemasan 11 kotak atau 167 kantong yang telah diisi air laut dan oksigen.

"Jadi, benih lobster ini sudah siap ekspor. Namun berhasil digagalkan oleh petugas," ujar dia.

Dijelaskannya, pengungkapan kasus ini berawal dari kecurigaan petugas terhadap paket kiriman yang diketahui berbagai jenis sayuran.

Setelah diperiksa lebih dalam lagi, ternyata ditemukan 167 kantong plastik yang berisi benih lobster dengan ditumpuk sayuran sebagai samaran.

"Jadi, lobster itu disembunyikan dalam selada air. Petugas yang teliti akhirnya bisa berhasil menggagalkan upaya penyelundupan ini," ujarnya.

Diakuinya, modus yang dilakukan oleh pelaku merupakan cara lama dan sudah kerap kali diungkap oleh petugas gabungan. "Untuk pelaku kita terus kejar," ujarnya.

Kepala BKIPM Jakarta I Bandara Soetta Habrin Yake mengatakan, benih lobster yang berhasil diselamatkan tersebut akan dikembalikan ke habitatnya.

Rencananya, benih lobster itu akan dilepas di Pangandaran Jawa Barat sesuai habitatnya disana.

Pewarta: Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018