Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengharapkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXI Tahun 2024 dapat melahirkan qori (pelantun ayat) yang dapat berkiprah hingga tingkat internasional.

"Kita berharap akan ada qori-qoriah dan berbagai tingkatan dan jenis yang dilombakan, akan mendapatkan bibit terbaik sehingga nanti berkiprah di tingkat nasional, bahkan juga di internasional," ujar Al Muktabar di Serang, Rabu.

Al Muktabar akan meresmikan acara tersebut dengan memukul terbang gede di arena utama Masjid Raya Al Bantani, yang dihadiri seluruh peserta, atau kafilah dari Kabupaten dan Kota di Banten.

Usai pemukulan terbang gede dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir MTQ Tingkat Provinsi Banten dari Kabupaten Tangerang selaku Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Banten XX Tahun 2023 untuk diserahkan kepada Panitia MTQ Tingkat Provinsi Banten XXI Tahun 2024.

Dalam rangkaian acara tersebut, ia juga telah melantik pelantikan Dewan Hakim MTQ.

Baca juga: Lepas kafilah ke MTQ Banten, Bupati Serang janjikan bonus tambahan

Terpisah, Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Banten Virgojanti memperkirakan peserta MTQ tahun ini sebanyak 500 kafilah.

"Pada kafilah terbaik dari masing-masing cabang dan lomba dari MTQ tingkat Provinsi Banten akan mewakili Provinsi Banten pada MTQ tingkat nasional," ujar Virgojanti.

Mulai MTQ tahun ini sudah menggunakan e-MTQ atau Elektronik Musabaqah Tilawatil Quran milik sendiri yang dibuat oleh Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, kata dia.

E-MTQ merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk penyelenggaraan MTQ, seperti pendaftaran peserta, daftar ulang, proses penjurian, dan lainnya.

Pembukaan MTQ XXI tahun ini dihibur penampilan Grup Gambus El Balasqi dan Gita KDI.

Baca juga: Pemkab Lebak targetkan peringkat ketiga pada MTQ Banten 2024

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024