Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Sahyuddin mengantar pulang puluhan anak pekerja migran Indonesia penerima beasiswa dari Pemerintah Indonesia melalui Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) Repatriasi Gema Cita 2024 untuk melanjutkan sekolah di Banten.

Sahyuddin yang juga ditunjuk sebagai penyelenggara Program Gema Cita 2024 dalam keterangan tertulis diterima di Kuala Lumpur, Senin, mengatakan sebanyak 70 anak Indonesia kelahiran Sabah, Sarawak dan Jeddah mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tingkat SMA atau SMK di Provinsi Banten.

Mereka, menurut dia, merupakan bagian dari 471 alumni SMP Community Learning Center (CLC) di Sabah, Sarawak dan Jeddah, yang berhasil lulus seleksi untuk melanjutkan pendidikan tingkat SMA, SMK atau yang sederajat di Indonesia.

Baca juga: Pemkab Serang beri beasiswa S1 pada 873 guru PAUD

Ia mengatakan ada 11 sekolah penerima beasiswa di Banten yang ditetapkan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek dan jumlah pelajar yang diserahkan ke masing-masing sekolah adalah masing-masing dua siswa di SMAN 1 Ciruas dan SMKN 1 Ciruas, Kabupaten Serang.

Lalu 40 siswa di SMA Permata Insani Islamic School, Kabupaten Tangerang. Masing-masing empat siswa di SMA Plus Islamic Village, SMK Islamic Village, SMK Penerbangan Aero Dirgantara.

Selanjutnya masing-masing dua siswa di SMKN 10 Kabupaten Tangerang, SMAN 9 di Kota Tangerang, SMAN 2 KS Cilegon di Kota Cilegon. Lalu empat siswa di SMAN 6 Kota Serang, dan tiga anak di SMK Intan Husada, Kota Serang.

Baca juga: Beasiswa Tangerang cerdas bantu 182.084 siswa

Ia mengatakan serah terima anak-anak pekerja migran Indonesia tersebut sudah terlaksana pada Rabu (17/7) lalu di Serpong, Banten, dan diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tabrani.

Sementara itu, Tabrani mengatakan anak-anak pekerja migran Indonesia tersebut sangat beruntung mendapatkan beasiswa.

“Tidak semua teman kalian bisa mendapat kesempatan emas seperti kalian. Semangatlah untuk belajar dan jangan putus asa dalam mengejar cita-cita,” katanya.

Baca juga: Bank Indonesia Banten salurkan beasiswa pendidikan untuk 125 mahasiswa
 

Pewarta: Virna P Setyorini

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024