Sebanyak 40 orang pasangan suami istri (pasutri) mengikuti resepsi isbat pernikahan massal dalam rangka memperingati hari jadi atau milad ke-49 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu.

"Syukur alhamdulillah MUI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pengadilan Agama dan beberapa stakeholder lainnya melaksanakan isbat pernikahan sekaligus resepsi bagi 40 pasangan ini," ucap Pejabat Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono saat menghadiri acara tersebut.

Andi mengatakan, program isbat pernikahan yang diinisiasi oleh MUI bekerja sama dengan Kementerian Agama dan Pengadilan Agama tersebut sangat membantu masyarakat Kabupaten Tangerang.

Pihaknya mengapresiasi langkah itu sebagai sosialisasi sekaligus memberikan kepastian hukum terhadap suatu perkawinan.

Baca juga: Pembekalan pranikah disebut tekan angka kasus perceraian

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada MUI dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut dan ikut berbahagia atas digelarnya resepsi pernikahan 40 pasangan yang telah melakukan isbat nikah.

"Terima kasih kepada MUI dan seluruh pihak yang terlibat. Saya sangat berbahagia bisa menghadiri resepsi pernikahan 40 pasangan dari hasil isbat nikah ini. Luar biasa acara ini, kita melihat ada tempat foto pengantin, ada pelaminan dan bahkan ada kateringnya, seperti acara resepsi pernikahan pengantin baru," ungkapnya.

Andi berharap kegiatan isbat nikah bisa terus digelar secara rutin mengingat di wilayah-wilayah pelosok Kabupaten Tangerang masih banyak pasangan yang belum tercatat dalam dokumen negara.

Sementara Sekretaris Jenderal MUI H. Amirsyah Tambunan mengatakan isbat nikah dan resepsi tersebut merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian HUT ke-49 MUI yang ditujukan langsung kepada masyarakat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan kepastian hukum, sehingga pernikahan yang telah dilakukan tercatat dalam dokumen negara," kata dia.

Baca juga: 100 pasangan di Kota Serang lalukan isbat nikah massal

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024