Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggandeng organisasi Gaharu Nusantara Bersinar (GNB) memberikan edukasi pencegahan peredaran narkoba di kalangan siswa sekolah yang bertempat di tiga SMP Negeri Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten.

Staf Ahli Bupati Serang Bidang SDM dan Kesra Rahmat Setiadi, di Serang, Kamis, mengatakan kegiatan edukasi pencegahan peredaran narkoba di kalangan siswa ini sangat penting untuk disosialisasikan terhadap anak-anak sejak dini.

"Meskipun sosialisasi yang paling baik adalah di lingkungan keluarga, tetapi keluarga mungkin ada yang tersosialisasikan dan ada yang tidak," katanya.

Menurut dia, dengan adanya sosialisasi narkotika itu diharapkan bisa menurunkan angka kejahatan, angka pemakaian narkotika dari anak-anak yang sudah mengerti  tentang narkotika, sehingga bisa menghindari pemakaian obat jenis narkotika.

"Sehingga anak-anak bisa terhindar dan tidak terjerumus pada kenakalan remaja, juga selamat dari ketergantungan narkotika," ujarnya.

Baca juga: Polda Banten hentikan peredaran 30 kg sabu, tangkap dua tersangka

Rahmat mengatakan kegiatan sosialisasi akan bahaya narkotika juga sudah dilakukan Pemkab Serang ke sekolah tingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat, baik dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang.

Sementara itu, Sekretaris GNB Agus Sanjaya mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan saat ini bekerja sama dengan Badan narkotik Nasional (BNN) Provinsi Banten, Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) yang diprakarsai Gaharu Nusantara Bersinar dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

"GNB memang berkecimpung pada empat pilar yaitu narkoba, pendidikan, perlindungan ibu dan anak, dan juga ketahanan pangan,” katanya.

Pada kesempatan itu, untuk menambah semangat dan juga antusias para siswa-siswi, pihaknya juga menghadirkan Miss Indonesia Monica Kezia Sembiring yang satu visi dengan GNB.

Dia juga menyatakan pihaknya bersyukur kegiatan tersebut bisa terlaksana di tiga SMPN Kecamatan Pamarayan.

"Tujuan intinya memberikan edukasi kepada anak-anak muda untuk menjauhi narkoba. Seperti yang disampaikan Miss Indonesia Monica, jauhi narkoba, kejar mimpi untuk mencapai prestasi," ucapnya.

Baca juga: Kejari Serang musnahkan barang bukti 72 perkara tindak pidana umum

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024