Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menghadirkan Bursa Kerja Keliling (BKK) dengan menggunakan mobil Si Praja setiap hari Minggu di Stadion Benteng Reborn.

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang, Minggu, mengatakan program ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Tangerang.

"Jadi sambil olahraga, bisa sambil lihat berbagai peluang kerja," kata Pj Wali Kota Nurdin saat meninjau stan BKK di Halaman Stadion Benteng Reborn, Minggu.

Berdasarkan data Disnaker Kota Tangerang, saat ini ada sekitar 1.000 lebih peluang kerja yang sudah didata dan siap disampaikan kepada masyarakat.

"Pertama memasifkan pemanfaatan lowongan kerja, dan memformalkan sektor informal, sehingga sektor-sektor informal di Kota Tangerang bisa naik kelas menjadi pekerja formal," jelas Nurdin.

Baca juga: Virtual Job Fair Kota Tangerang edisi Ramadhan sediakan 1.676 lowongan

Selain itu, kata dia, apabila ada kegiatan yang disiapkan oleh masyarakat, bisa juga untuk menghubungi Disnaker untuk fasilitasi BKK ini

Pemkot Tangerang juga sedang mempersiapkan program kerja di luar negeri, melalui mekanisme formal.

"Ayo manfaatkan bursa kerja 'online', bursa kerja keliling dan bagi para pencari kerja yang berminat kerja di luar negeri bisa mengikuti terlebih dulu berbagai kegiatan yang diadakan Disnaker. Kami siapkan jalur formalnya, yaitu melalui program kerja di luar negeri," kata dia.

Baca juga: Seratusan lowongan kerja tersedia pada Job Fair Online 2024

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan mengatakan tingkat pengangguran terbuka selama tiga tahun terakhir pun mengalami penurunan yakni pada tahun 2021 sebesar 9,07 persen, tahun 2022 di angka 7,16 persen dan tahun 2023 di angka 6,76 persen.

Ujang juga mengungkapkan Disnaker telah menyiapkan berbagai program yakni pelatihan keterampilan di Balai Latihan Kerja yang tersebar di lima lokasi secara gratis.

Bursa Kerja Khusus tingkat SMK yang telah bekerja sama dengan 122 SMK Negeri dan swasta, bursa kerja secara virtual dan luring rutin dilaksanakan setiap bulan.

Pelatihan kewirausahaan melalui Mobil Si Praja yang dilaksanakan di wilayah, job fair bagi disabilitas bekerja sama dengan perusahaan, pelatihan di balai latihan kerja dan di Aplikasi Tangerang LIVE menyediakan info lowongan kerja terintegrasi.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang gelar job fair di tujuh kecamatan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024