Serang (Antara News) - PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak bersama Korlantas Polri meresmikan beroperasinya Kantor Induk PJR Serang yang berlokasi di gerbang tol Ciujung Kabupaten Serang, Banten.

"Pembangunan Kantor Induk PJR Serang merupakan satu paket dengan pekerjaan renovasi sembilan kantor gerbang tol Tangerang-Merak," kata Direktur Operasi PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, Sunarto Sastrowiyoto di Kabupaten Serang, Rabu.

Peresmian Kantor Induk PJR Serang dilakukan Presiden Direktur PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak Wiwiek D Santoso dan Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Polisi Pujiyono Dulrachman ditandai dengan pemotongan tumpeng.

Sunarto mengatakan, kehadiran Kantor Induk PJR Serang merupakan kerja sama penyelenggara jalan tol dengan Kepolisian dalam rangka pengamanan dan penegakkan hukum sesuai dengan amanat UU mengenai jalan tol.

Bersamaan dengan peresmian gedung baru, PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak juga menyerahkan bantuan lima unit mobil operasional PJR, pada kesempatan tersebut Sunarto berharap sinergi perusahaan dengan Kepolisian dapat terus ditingkatkan terutama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Brigjen Polisi Pujiyono Dulrachman mengatakan akan menjadikan Kantor Induk PJR Serang sebagai prototipe induk lainnya mengingat desainnya yang minimalis, akan tetapi di dalamnya memiliki ruang-ruang yang fungsinal sesuai yang dibutuhkan.

"Tadi saya sudah lihat ada ruang rapat, ruang staf, operator, dan bahkan tempat shalat semuanya memiliki layout yang baik. Petugas kami akan lebih nyaman, ruang dingin sehingga dilapangan lebih segar dalam memberikan penanganan kepada masyarakat," kata Pujiyono.

Pujiyono pada kesempatan tersebut juga meminta kepada Presiden Direktur PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak untuk menempatkan dua titik kamera perekam kecepatan kendaraan (speed camera), bagian dari sosialisasi keselamatan berkendara.

Manajer Pengolahan Asset PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, Budiyanto mengatakan, Kantor Induk PJR Serang dibangun di atas lahan seluas 2.740 hektar, dengan luas bangunan 345 meter persegi, dan memiliki kapasitas parkir 24 kendaraan.

"Pembangunan dilaksanakan selama 180 hari kalender sudah termasuk pembangunan lahan parkir barang bukti kendaraaan yang mengalami kecelakaan," kata Budiyanto.

Terkait dengan pemilihan lokasi di Ciujung, Budiyanto mengatakan, selain pertimbangan memudahkan koordinasi karena berseberangan dengan kantor gerbang, juga lokasinya tepat di tengah-antara Tangerang sampai dengan Merak.

Budiyanto juga mengungkapkan secara keseluruhan penataan kawasan Ciujung termasuk pembangunan Kantor Induk PJR Serang membutuhkan biaya Rp5 miliar.

Pembangunan Kantor Induk PJR Serang melibatkan PT Abadi Prima Intikarya selaku kontraktor dan PT JE Feriasthama selaku konsultan perencana

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017