Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan Banten menerjunkan sebanyak 3.893 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pilgub Banten serta Pilkada Tangsel.

Ketua KPU Kota Tangsel Taufiq MZ di Tangerang, Selasa, mengatakan kegiatan Coklit akan berlangsung selama satu bulan sejak tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024

“Proses coklit ini didasarkan pada model A daftar pemilih yang telah disusun oleh jajaran KPU Kota Tangsel. Kita targetkan selesai dalam 30 hari,” kata dia.

Baca juga: KPU Banten mulai lakukan coklit data pemilih Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Selatan, lanjutnya telah melantik petugas pantarlih setiap tingkat Kelurahan masing-masing yang ada di Tangerang Selatan

"Semuanya sudah siap berjalan melaksanakan tugas dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk kelancaran," ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengimbau kepada seluruh warga agar memberikan informasi yang benar dan lengkap selama proses Coklit.

"Saya mengajak seluruh warga Kota Tangerang Selatan untuk berpartisipasi aktif dalam proses pencoklitan ini. Berikan informasi yang benar dan lengkap kepada petugas coklit," kata dia.

Baca juga: Zulkarnain-Lerru penuhi syarat administrasi perseorangan Pilkada Tangerang

Ia menuturkan Informasi ini penting untuk memastikan setiap individu yang memenuhi syarat dapat terdaftar sebagai pemilih. Pencoklitan ini merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam rangka pemutakhiran data pemilih.

"Data pemilih yang akurat dan mutakhir adalah pondasi utama dalam penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil dan demokratis. Oleh karena itu, pencoklitan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, ketelitian dan integritas," katanya.

Kepada Pantarlih, Ia juga mengimbau agar menjalankan dengan penuh profesionalisme dan integritas. Setiap informasi yang diperoleh harus diverifikasi dengan cermat dan dicatat dengan tepat.

"Mari kita jaga sinergi yang sudah terjalin baik dan terus kita tingkatkan koordinasi dalam setiap tahapan proses pencoklitan," katanya.

Baca juga: Polresta Soetta siap bersinergi jaga kambtibmas Pilkada 2024

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024