Tangerang (Antara News) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meresmikan "cereb room" yang merupakan pusat kendali dan monitoring bidang kesehatan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2017.

"Ini patut diapresiasi, bahwa pelayanan yang kita kerjakan harus berbasis data dan informasi sehingga apa yang kita lakukan tepat sasaran," katanya di Tangerang, Minggu.

Dijelaskannya, dengan adanya cereb room maka diharapkan agar keberadaan ruang kendali tersebut semakin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kesehatan Liza Puspa Dewi menambahkan, cereb room mengambil filosofi cerebroom yang berarti otak kecil.

Jadi ruangan ini menjadi semacam otak kecil bagi Pemkot Tangerang untuk memonitoring masalah kesehatan di wilayah.

Cereb room yang berada di komplek Kantor Dinas Kesehatan tersebut fungsinya hampir sama dengan Tangerang Live Room yang telah dimiliki oleh Pemkot Tangerang.

"Namun ini lebih ke teknis menunjang operasional Dinas Kesehatan dalam melayani masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya, di cereb room pun nantinya akan mampu melakukan kontrol terhadap pelayanan mobil ambulance dan pelayanan di puskesmas.

"Nanti semua puskesmas akan kita lengkapi dengan CCTV, meskipun sekarang baru lima puskesmas yang sudah," terangnya.

Cereb room, lanjutnya, menjadi pusat pengolahan data kesehatan yang ada di Kota Tangerang.

"Ini bisa dilihat per-kecamatan terkait sebaran penyakit yang ada," jelasnya.

Sementara itu, peringatan Hari Kesehatan Nasional di kota Tangerang berlangsung cukup meriah. Selain diramaikan dengan pelaksanaan Jalan Sehat yang diikuti oleh Pegawai Dinas Kesehatan dan RS di Kota Tangerang.

Cereb room tersebut diresmikan langsung oleh Wali Kota Arief R. Wismansyah yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Sachrudin di Kantor Dinas Kesehatan, Jl. Daan Mogot Kota Tangerang.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017