Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Banten, bersyukur keluar dari 10 besar kabupaten/kota dengan kasus terbanyak penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), karena pemerintah daerah terus menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).
 
"Kita menilai PSN dinilai lebih efektif dan murah untuk memutus mata rantai penularan DBD," kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak Budi Mulyanto di Rangkasbitung Lebak, Jumat.
 
Pemerintah daerah terus menggalakkan PSN bersama lintas sektor dengan melibatkan masyarakat, termasuk program 1 Jumantik (juru pemantau jentik nyamuk) di setiap rumah tangga yang disosialisasikan oleh Puskesmas.
 
Kegiatan PSN dengan 3M (mengubur, menguras, dan menutup barang-barang bekas) dilakukan secara optimal karena dapat membunuh jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti.
 
"Kami yakin kegiatan PSN dapat memutus mata rantai penyebaran DBD karena jentik nyamuk Aedes aegypti itu mati," katanya menjelaskan.

Baca juga: Kasus DBD di Lebak tembus 1.876 orang, enam meninggal
 
Menurut dia, pemerintah daerah bekerja keras agar kasus DBD tidak meningkat hingga menjadi kasus kejadian luar biasa (KLB) dengan menggalakkan PSN.

Karena itu, Kabupaten Lebak tahun 2024 bisa keluar dari 10 besar kabupaten/kota kasus terbanyak DBD.

Bahkan, kata dokter Budi, Kabupaten Lebak juga pernah menyandang kelima besar kasus DBD terbanyak.

Berdasarkan data Dinkes Kabupaten Lebak, kasus DBD sampai pertengahan Juni 2024 menembus angka 1.876 orang, dengan enam orang dilaporkan meninggal dunia.
 
Karena itu, masyarakat Kabupaten Lebak menghadapi musim kemarau berkepanjangan agar tetap mewaspadai penularan kasus DBD.

Baca juga: Vaksin dengue disebut solusi preventif untuk lindungi diri dari DBD
 
Apabila, ada warga yang mendadak demam tinggi, sakit kepala, nyeri pada tulang dan otot, timbul bercak kemerahan, hidung berdarah, sakit di belakang mata, mual dan muntah, serta kelelahan sebaiknya mendatangi fasilitas kesehatan.
 
"Kita berharap bila warga demam lebih dari tiga hari maka cepat berobat karena khawatir teridentifikasi positif DBD," katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, masyarakat Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengatakan bahwa mereka setiap pekan menggalakkan PSN dengan melakukan kebersihan di lingkungan sekitar pemukiman.
 
Selain itu juga masyarakat membersihkan saluran drainase, pot bunga, kolam hingga barang-barang bekas.
 
"Kami sepanjang tahun 2024 hanya beberapa warga yang terserang DBD, mereka ada yang tertular dari wilayah lain," kata Iman (45), Ketua Rukun Warga Kelurahan Rangkasbitung Timur Kabupaten Lebak.

Baca juga: Tangani DBD, Pemkot Tangerang luncurkan aplikasi Perisai

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024