Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) terus melakukan penguatan dan penertiban Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan meliputi lapas, rutan dan LPKA di wilayah Banten mengingat saat ini mengalami kelebihan kapasitas.

Penguatan tersebut dilakukan dengan Sosialisasi Teknis Keamanan untuk petugas keamanan di Lapas, Rutan dan LPKA di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten di Serang, Banten, Selasa.

“Berbagai upaya gangguan keamanan dan ketertiban sering kali kita dengar terjadi mulai dari peredaran gelap narkoba, maraknya handphone, perkelahian, maupun penipuan dan sebagainya, kita tidak bisa tutup telinga kondisi seperti ini sudah selayaknya kita sikapi dengan mulai melakukan pembenahan untuk memperbaiki diri”, kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Jalu Yuswa Panjang dalam keterangannya.

Baca juga: Pengajuan Visa Online, Kemenkumham ajak masyarakat perhatikan hal ini

Jalu menyebut, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard S.P. Silitongan selalu berpesan kepada seluruh pemasyarakatan untuk memahami tentang 3+1 kunci sukses pemasyarakatan Berantas Narkoba, Deteksi Dini, Sinergitas dan Back to Basic.

”3 Kunci Sukses pemasyarakatan bukan hanya semboyan belaka tapi harus diimplementasikan, untuk menjalankan itu semua harus berawal dari diri kita sendiri untuk memiliki integritas sebagai pondasi awa”, katanya menambahkan.

Untuk mewujudkan kondisi Lapas/Rutan yang aman serta kondusif, diperlukannya informasi mengenai keadaan Lapas/Rutan tersebut secara akurat, memadai dan cukup khususnya mengenai keadaan keamanan pada wilayah tersebut.

”Pengelolaan informasi yang baik diharapkan dapat mencegah gangguan keamanan dan ketertiban sedini mungkin, sehingga dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan dan kebijakan pimpinan organisasi sehingga mampu menunjang kinerja Unit Pelaksana Teknis serta mampu mengendalikan dan mencegah terjadinya gangguan Keamanan dan Ketertiban”, pungkasnya.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham sebut setiap orang memiliki jiwa kepemimpinan

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024