PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah operasional siap melayani masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan listrik atau "electric vehicle" (EV) pada musim liburan Idul Adha 1445 H.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis di Tangerang, Senin mengatakan, PLN terus berkomitmen untuk menyiapkan ekosistem yang mumpuni bagi pengguna "electric vehicle" (kendaraan listrik) di Indonesia. 

“Kami memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia dengan andal sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang bepergian untuk melakukan pengisian daya,” kata Abdul Mukhlis.

Baca juga: Srikandi PLN Banten dukung kelestarian lingkungan hidup dengan bersih sampah

Abdul Mukhlis juga menjelaskan, hingga saat ini sudah terdapat 34 SPKLU dan 1 SPKLU Mobile yang tersebar di 6 lokasi strategis diantaranya: Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, Kota Cilegon, dan Kabupaten Lebak. Seluruh SPKLU  sudah siap beroperasi dan melayani pengisian daya kendaraan listrik.

SPKLU yang berada di wilayah operasional PLN UID Banten ini didukung dengan tiga jenis pengisian daya yang siap beroperasi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna EV, di antaranya jenis _medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging_.

Lebih lanjut, Abdul Mukhlis menjelaskan PLN memberi kemudahan bagi para pengguna kendaraan listrik untuk mencari lokasi SPKLU. Salah satunya melalui aplikasi PLN Mobile yang memungkinkan pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah menemukan lokasi SPKLU terdekat.

“Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur _electric vehicle_, lalu pilih lokasi SPKLU. PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik,” ucap nya

Tak lupa Abdul Mukhlis juga mengajak masyarakat untuk tidak lagi ragu dalam menggunakan kendaraan listrik, hal itu karena SPKLU PLN telah terbukti berhasil dan andal dalam melayani pengguna EV pada perjalanan mudik hingga arus balik di momen Lebaran 2024 lalu.

Baca juga: Relawan-pegawai PLN Banten kolaborasi bersih sampah di Pantai Terang

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024