Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Banten mengajak masyarakat setempat untuk memulai menjadi nasabah bank sampah dalam momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Tihar Sopian di Tangerang, Rabu, mengatakan dengan menjadi nasabah bank sampah, bisa berperan dalam pengurangan sampah di lingkungan.

"Silakan hubungi kami di 0811-1631-631 untuk mengetahui bank sampah di lingkungan masing-masing. Kita harus mengambil peran aktif dalam menjaga lingkungan," kata Tihar.

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN gelar aksi bersih dan olah sampah

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga bumi dalam kegiatan sehari-hari ialah menggunakan air seperlunya, menggunakan kertas seperlunya, menggunakan listrik seperlunya, menghemat bahan bakar, mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya seperti detergen dan plastik.

“Memilah sampah dan mengurangi penggunaan peralatan yang mengandung CFC. Seperti AC, lemari pendingin dan pengering rambut,” kata dia.

Sementara itu, pada momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, Indonesia mengusung tema ‘Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan’ sebagai bentuk komitmen Indonesia dalam menjaga dan melestarikan bumi.

Baca juga: Diskominfo-Binus siapkan aplikasi pengelolaan sampah berbasis geospasial

Kota Tangerang terus berfokus pada pemulihan lingkungan, pengendalian disertifikasi dan ketahanan. “Mulai lah dengan langkah kecil, seperti memilah sampah di rumah dan tidak membuang sampah sembarangan. Setiap aksi kecil kita dapat membawa dampak besar bagi lingkungan,” katanya.

Sementara itu, laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2023, menyebutkan 39,1 persen dari 19,56 juta ton sampah di Indonesia berasal dari sampah rumah tangga.

"Maka, penting untuk kita semua sama-sama bergerak mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai hingga mendaur ulang barang bekas,” ujarnya.

Baca juga: Kualitas udara Kabupaten Tangerang kurang baik untuk kesehatan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024