Simone Biles memenangi gelar kesembilan senam artistik "all-around" dalam Kejuaraan Senam Artistik Amerika Serikat 2024, Minggu (2/6) waktu setempat, untuk memecahkan rekor sekaligus menandai bahwa ia perlu diantisipasi menjelang Olimpiade Paris 2024.

"Hari ini saya baru saja keluar dari sini, merasa nyaman dan percaya diri dalam senam saya, dan mudah-mudahan tampil di uji coba Olimpiade dan membuat langkah selanjutnya menuju Paris," kata Biles, seperti disiarkan AFP, Senin.

Biles mengumpulkan 59.300 poin pada malam kedua kompetisi untuk membukukan total 119.750 poin.

Dia unggul sekira enam poin dari runner up Skye Blakely yang mengumpulkan total 113.850 poin, sementara Kayla DiCello meraih perunggu dengan 110.800 poin.

Sebanyak dua pemenang teratas dipastikan mendapatkan tempat di uji coba Olimpiade pada 27-30 Juni di Minneapolis, Minnesota, di mana setidaknya belasan atlet diperkirakan melakukan upaya terakhir mereka untuk ke Paris.

Baca juga: Olimpiade Paris diprediksi jadi yang terakhir bagi Simone Biles hingga LeBron

Biles telah memecahkan 60 poin pada malam pertama kompetisi pada Jumat (31/5), dan meskipun tidak bisa menyamai poin tersebut, dia mendapatkan emas di keempat peralatan, yaitu vault, uneven bars, balance beam, gymnastics floors.

"Saya sangat bangga dengan apa yang saya lakukan sepanjang tahun ini dan mendapatkan kepercayaan diri itu berulang kali, menampilkan diri saya kembali di depan orang banyak dan melakukan apa yang saya lakukan dalam latihan," kata Biles.

Kekuatan yang telah membantu Biles meraih empat medali emas Olimpiade dan membangun serangkaian keterampilan khas adalah bukti dari beberapa kesalahan yang berhasil ia pelajari kemudian.

Vault sangat sulit sehingga ia masih mencetak 15.000 poin -- turun dari 15.800 poin yang dia peroleh pada Jumat.

Baca juga: Untuk kualifikasi Olimpiade Paris, Kemenpora kucurkan dana Rp61,5 miliar

Biles mengatakan tidak kesulitan menerima kesalahan seperti itu dengan tenang.

"Ini bukan pertama kalinya saya berada di luar sana (di kondisi seperti itu)," kata Biles.

"Saya sedikit lebih tua, jadi saya tahu persis bagaimana melakukan reboot dan mengumpulkan kembali diri saya untuk lanjut ke ajang berikutnya, bahkan jika saya merasa ada sesuatu yang tidak saya inginkan."

Di antara mereka yang akan mencoba mendapatkan tiket ke Paris akhir bulan ini, Blakely menunjukkan konsistensi yang mengesankan selama dua hari dan Suni Lee, juara Olimpiade Tokyo, berada di posisi keempat yang mengesankan saat ia melakukan comeback dari penyakit ginjal yang mengancam kariernya.

Tak lama setelah kompetisi berakhir, USA Gymnastics mengonfirmasi telah menerima surat dari Shilese Jones dan Kaliya Lincoln dalam hal berkompetisi di uji coba, meskipun mengalami cedera.

Jones mengundurkan diri karena cedera bahu sementara Lincoln menarik diri setelah dua peralatan, Jumat (2/6), karena cedera pergelangan kaki.

Baca juga: Veddriq Leonardo sabet emas pada kualifikasi Olimpiade di China

Pewarta: Arindra Meodia

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024