Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten membentuk tim gabungan untuk mengawasi pelaksanaan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Bupati Tangerang Achmad Kasori di Tangerang, Rabu, mengatakan tim pengawasan pemotongan hewan kurban ini melibatkan anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) serta pengurus Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) DMI Kabupaten Tangerang.

"Hal ini penting untuk menjamin bahwa ibadah kurban dilaksanakan sesuai syariah Islam, aman dan higienis serta dapat memberikan manfaat bagi seluruh golongan yang berhak menerima," ucapnya.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Pemkot Serang sediakan 1.900 vaksin PMK

Ia menjelaskan pembentukan tim pengawas juga untuk membantu panitia masjid dalam pemotongan hewan kurban yang benar dan sesuai syariat Islam agar daging yang dikonsumsi masyarakat aman dan halal.

"Kegiatan ini tidak hanya penting untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan para anggota DKM dalam penyembelihan hewan kurban, tetapi juga menjadi momentum untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman," katanya.

Sebelum pengawasan dilakukan pada pelaksanaan ibadah kurban, pihaknya akan memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada para pengurus atau panitia dalam penyelenggaraan kurban tersebut.

"Supaya petugas atau panitia dapat memahami tata cara pemotongan yang baik dan benar, serta aspek-aspek kesehatan dan kebersihan yang harus diperhatikan," ujarnya.

Kasori optimistis dengan bimbingan dari para pengurus DKM dan dukungan semua pihak, Prima DMI Kabupaten Tangerang dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

Baca juga: Pemprov Banten antisipasi kenaikan harga pangan jelang Idul Adha

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024