PT Pertamina Patra Niaga sebagai Sub Holding (SH) Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) semakin memantapkan langkah dalam pemasaran dan penjualan produk Petrokimia khususnya produk Bitumen di pasar domestik. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Petrochemical Industry Business SH Commercial & Trading melalui tim Corporate Sales Regional Jawa Bagian Barat yang telah memasarkan produk Bitumen untuk mendukung proyek pemeliharaan jalan rutin Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Selatan pada April-Mei 2024.

Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan, menyampaikan bahwa pemasaran produk bitumen khususnya _asphalt_ (aspal) merupakan salah satu langkah Pertamina dalam mendukung proyek strategis Pemerintah baik di tingkat nasional maupun daerah.

“Saat ini, Pertamina fokus memasarkan produk aspal untuk aplikasi konstruksi jalan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi iklim tropis. Pertamina juga terus melakukan Riset dan Pengembangan untuk produk aspal modifikasi untuk memenuhi kebutuhan aplikasi jalan di masa depan,” papar Eko dalam keterangannya.

Baca juga: Duet pembalap Pertamina nantikan MotoGP beruntun di Catalunya dan Italia

Adapun  proyek pemeliharaan jalan yang dilakukan oleh Sudin Bina Marga Kota Admistrasi Jakarta Selatan yang menggunakan produk bitumen Pertamina pada periode April-Mei 2024. Pada proses pengawasan pelaksanaan pekerjaan proyek aspal bersama Sudin Bina Marga Jakarta Selatan tersebut, Pertamina diwakili oleh SAM Petrochemical JBB Ahmad Adlan, SBM Petrochemical I JBB M. Yosa Ario Sadewo dan Sr. Account Manager Bitumen I Gede Wahyudi melakukan peninjauan di beberapa titik lokasi di antaranya Kecamatan Cilandak, Pasar Minggu, Jagakarsa, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Setiabudi, Mampang, dan Pancoran.

“Produk aspal yang digunakan untuk proyek pemeliharaan jalan di beberapa titik wilayah DKI Jakarta tersebut adalah jenis Asphalt 60/70 yang telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia sebagai referensi dalam pengerjaan jalan nasional maupun provinsi,” tambah Eko.

Executive General Manager Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Deny Djukardi, dalam kesempatan terpisah berharap produk bitumen Pertamina dapat terus digunakan pada proyek-proyek pekerjaan jalan di tingkat daerah maupun nasional, dalam rangka mendukung produksi dalam negeri dan menjadi bagian mewujudkan program pembangunan infrastruktur jalan. Produk-produk petrokimia yang dipasarkan oleh Pertamina telah terbukti memiliki kualitas terbaik sehingga dapat diterima di pasar domestik maupun global.

“Kami berharap produk bitumen Pertamina dapat terus digunakan pada proyek-proyek pekerjaan jalan di tingkat daerah maupun nasional. Selain mendukung produksi dalam negeri, hal ini menjadi bagian dalam mewujudkan program pembangunan infrastruktur jalan yang dapat mendukung mobilitas masyarakat,” ungkap Deny.

Sebagai informasi, Pertamina telah menaikkan produksi aspal di kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap sebesar 81% di tahun 2024 untuk mengurangi ketergantungan impor dan mendukung program pembangunan serta pemeliharaan jalan baik yang dilakukan oleh Kementerian PUPR maupun Sudin Bina Marga Provinsi. 

Baca juga: Pertamina tambah SPBU kantung di 11 titik jalur mudik Lebaran
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024